Sukses

Dear Warga Jateng, Melancong ke Bandung Wajib Sambangi Mi Kocok Ini

Mi kocok adalah salah satu kuliner legendaris Bandung.

Liputan6.com, Semarang - Penggemar makanan berkuah, khususnya mi kocok bandung sudah menjajal mie kocok di mana saja ketika ke Bandung?

Mi kocok adalah salah satu kuliner legendaris Bandung. Konon, makanan berkuah gurih dan berempah ini sudah ada sejak tahun 1958. Popularitasnya terus naik dan akhirnya mi kocok bandung mampu mempertahankan eksistensinya. Meski banyak jajanan baru yang bermunculan di Bandung.

Mi kocok punya citarasa yang khas. Kuahnya kental dan berempah. Ada cukup banyak bumbu rempah yang biasanya digunakan untuk membuat kaldu. Topping kikil kaki sapi atau kulit sapi dan mi kuning gepeng yang digunakan juga semakin menambah kekayaan rasa dari mi kocok.

Tidak berhenti sampai sana, jika ingin menambah rasa segar, tambahkan perasan air jeruk purut dan sedikit sambal. Nikmati sensasi rasanya yang semakin kaya.

Mi kocok bandung bisa jadi alternatif pilihan buat kamu yang ingin makanan berkuah tapi bosan dengan mi baso. Supaya tidak bingung, berikut adalah rekomendasi Mi Kocok legendaris di Bandung.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mi Kocok Mang Dadeng

Yang pertama ada Mi Kocok Mang Dadeng yang diperkirakan sudah ada sejak sekitar tahun 1970-an. Namun, Mi kocok legendaris Bandung yang satu ini baru ada di samping RS Muhammadiyah Bandung pada tahun 1995.

Mi Kocok Mang Dadeng ini memiliki keunggulan dari kuah kaldu yang kental berempah. Kuah kaldu mi kocok yang satu ini dibuat dari rebusan kaki dan tulang sapi serta 27 rempah. Selain membuat citarasa kuahnya menjadi kaya, rempah juga digunakan untuk mengusir aroma amis dari tulang.

Mi Kocok Mang Dadeng

Jalan K.H Ahmad Dahlan, samping RS Muhammdiyah

Turangga, Bandung.

Jam Buka: Setiap Hari, jam 9 pagi-10 malam.

3 dari 6 halaman

Mi Kocok Persib

Mi Kocok legendaris di Bandung yang lain adalah Mi Kocok Persib. Dinamakan Mi Kocok Persib karena lokasinya ada di depan Lapangan Persib.

Keunggulan mi kocok yang satu ini juga terletak pada kuahnya, yang terbuat dari rebusan tulang iga berisi sumsum dan daging sapi. Hasil rebusannya akan mengeluarkan sari yang menciptakan rasa gurih beraroma.

Selain itu mi kocok yang sudah ada sejak tahun 1963 ini, selalu menggunakan mi kuning gepeng hasil olahan sendiri. Disajikan hangat bersama potongan daging iga, kikil, tauge, bawang goreng dan juga seledri. Pastikan untuk menambahkan perasan air jeruk dan sambal.

Mi Kocok Persib

Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 262

Kacapiring, Bandung.

Jam Buka: Setiap hari, jam 4 sore-10 malam.

4 dari 6 halaman

Mi Kocok SKM

Salah satu kunci kelezatan mi kocok bandung memang terletak pada kuahnya. Keistimewaan Mi Kocok SKM juga terletak pada kuah kaldunya.

Kuah kaldu yang terbuat dari tulang dan sumsum tapal kaki sapi ini memiliki warna kekuningan, yang muncul dari berbagai bumbu rempah yang digunakan. Rasanya sedikit lebih mirip soto hingga banyak yang menyebutnya dengan soto mi kocok.

Mi kocok ini juga cukup legendaris di Bandung dan sudah ada sejak sekitar tahun 1970-an.

Mi Kocok SKM

Jalan Sunda No.38

Kebon Pisang, Bandung.

Jam Buka: Setiap hari, jam 11 siang-8 malam.

5 dari 6 halaman

Mi Kocok Cepay

Ingin mencicipi Mi Kocok dengan kuah yang lebih mengeluarkan aroma? Jangan lupa untuk mampir ke Mi Kocok Cepay.

Kuah kaldu mi kocok legendaris Bandung yang satu ini selalu dihangatkan dengan menggunakan bara api. Dan cara ini dipertahankan selama 44 tahun, sejak Mi Kocok Cepay mulai berdiri. Bara api membuat kuah kaldu berempah mi kocok mengeluarkan rasa dan aroma yang lebih harum.

Mi Kocok Cepay

GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran No. 37

Pasirkaliki, Bandung

Jam Buka: Setiap hari, jam 6 pagi-2 siang.

6 dari 6 halaman

Mi Kocok Subur

Selain menawarkan kuah gurih yang menggoda, mi kocok legendaris Bandung yang satu ini terkenal karena berbagai pilihan toppingnya.

Kamu bisa memilih mi kocok tanpa topping, mi kocok dengan baso tanpa kikil, mi kocok dengan kikil kaki sapi tanpa baso, atau kamu bisa memilih mi kocok dengan kikil kaki sapi dan baso. Semua tergantung dengan selera lidahmu.

Mi Kocok Subur

Jalan Suryani Dalam No.8

Bandung Kulon, Bandung.

Jam Buka: Setiap hari, jam 9 pagi-8 malam

Itulah lima Mi Kocok legendaris Bandung. Yang mana Mi Kocok favoritmu?

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.