Sukses

Dear Warga Jateng, Sambangi Bandung Jangan Lupa Coba Serabi!

Rasanya gurih menggoda, sedikit pedas jika ditambah taburan sambal oncom.

Liputan6.com, Semarang - Rasanya gurih menggoda, sedikit pedas jika ditambah taburan sambal oncom. Aromanya harum menggugah selera, dan teksturnya garing sekaligus lembut. Siapa yang tak kenal serabi bandung?

Di Bandung, serabi atau surabi sering dijadikan sebagai menu sarapan. Hampir setiap pagi, jangan jika setiap pagi melihat pemandangan ibu-ibu yang duduk di pinggir jalan, dikelilingi tungku kecil berjelaga dengan cetakan tanah liat yang juga sudah menghitam di atasnya. Tangannya sibuk membuka tutup cetakan untuk memeriksa adonan dan sesekali mencungkil adonan bulat di atas cetakan yang sudah menjadi serabi.

Serabi, kue bulat serupa mangkuk berwarna putih pucat. Bagian bawahnya garing berwarna cokelat agak kehitaman. Uapnya mengepul, menciptakan aroma harum sesaat setelah diangkat dari cetakan dan dibungkus dengan kertas beralas daun pisang. Akan ada beberapa orang yang antre untuk menikmati menu sarapan tradisional itu.

Suguhan pemandangan seperti ini masih cukup banyak ditemukan di Kota Bandung. Tetapi tak sedikit juga pedagang serabi yang mulai menata lapak dagangannya menjadi lebih apik dengan gerobak dan tenda. Sebagian bahkan ada yang mengubah tungku menjadi kompor gas.

Sampai sekarang serabi bandung memang jadi salah satu makanan yang banyak digemari. Tak heran jika pedagang serabi pun banyak bermunculan. Meski begitu, hanya ada beberapa serabi yang jadi favorit di Kota Bandung.

Selain ibu-ibu pedagang serabi pinggir jalan yang muncul setiap pagi, berikut adalah lima serabi favorit di Bandung.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Surabi Enhai

Surabi Enhai adalah salah satu serabi yang banyak dikenal. Mulai dari warga Bandung sampai warga di luar Bandung.

Banyak orang yang melipir ke Waroeng Setiabudi hanya untuk membeli serabi dengan berbagai aneka topping pilihan. Dari mulai topping tradisional seperti oncom sampai topping kekinian seperti sosis, baso, keju, telur, dan lainnya.

Surabi Enhai Waroeng Setiabudi

Jalan Dr. Setiabudi No. 175

Gegerkalong, Bandung.

Jam Buka: Setiap Hari, jam 2 siang - 10 malam.

3 dari 6 halaman

Surabi Cihapit

Jangan kaget jika melihat antrean panjang di perempatan Jalan Cihapit – Jalan Sabang, karena serabi di Cihapit memang jadi salah satu serabi favorit di Bandung.

Membeli Surabi Cihapit memang butuh sabar, namun kesabaran akan terbayar dengan citarasanya. Seolah kamu tidak akan pernah menyesal antre untuk mendapatkan sepotong makanannya para bangsawan jaman dulu.

Serabi di Cihapit juga menyediakan berbagai topping. Kinca, original, dan oncol adalah menu serabi tradisionalnya. Jika ingin yang lebih kekinian, kamu bisa memesan serabi dengan topping keju cokelat, serabi telur dengan taburan oncom, atau serabi oncom keju.

Surabi Cihapit

Jalan Cihapit, depan P&D Djitu

Cihapit, Bandung.

Jam Buka: Setiap Hari, jam 7 pagi - 12 siang, jam 3 sore - 9 malam.

4 dari 6 halaman

Surabi Radja

Buat kamu yang tinggal di daerah Bandung Timur atau sedang berada di sekitar Bandung Timur, jangan lupa untuk mencicipi Surabi Radja.

Di daerah Bandung Timur, serabi yang satu ini memang cukup populer. Cukup banyak juga menu yang ditawarkan. Kalau suka pedas, kamu tentu bisa mencoba serabi oncom dengan taburan rawit untuk yang suka manis, kamu bisa memilih serabi dengan taburan cokelat.

Kamu juga bisa memesan serabi dengan topping suwiran ayam, abon, dan masih banyak lagi.

Surabi Radja

Jalan Pluto Selatan II No.16

Margahayu Raya, Bandung

Jam Buka: Setiap Hari, jam 6.30 pagi -9.30 pagi dan 2.30 sore -9 malam.

5 dari 6 halaman

Pondok Surabi

Tempat serabi favorit di Bandung lainnya adalah Pondok Surabi.

Sama seperti serabi di tempat lainnya, serabi di tempat yang satu ini juga menawarkan serabi dengan berbagai topping. Kamu bisa merasakan serabi tradisional maupun serabi modern dengan topping yang lebih beragam. Asin dan manis, semua tinggal disesuaikan dengan selera lidahmu.

Pondok Surabi

Jalan Terusan Jalan Jakarta No. 79A.

Cicaheum, Bandung

Jam Buka: Setiap Hari, jam 7 pagi -10 malam

6 dari 6 halaman

Surabi Asgar

Serabi yang satu ini juga jadi salah satu serabi favorit di Bandung dan cukup banyak menawarkan varian menu. Mulai dari yang tradisional hingga kekinian, kamu tinggal memilih serabi yang kamu sukai. Ada serabi dengan topping oreo buat menyukai manis. Dan serabi oncom buat yang ini menikmati menu tradisional atau serabi dengan topping keju untuk pecinta gurih.

Meski menawarkan menu yang lebih modern, Surabi Asgar masih dibuat secara tradisional dengan tungku kayu bakar dan cetakan tanah liat. Jadi, kamu tak perlu khawatir dengan citarasa dan aroma tradisionalnya yang masih terjaga.

Surabi Asgar

Jalan Jenderal Ahmad Yani No.178

Sumur Bandung, Bandung

Jam Buka: Jam 5 pagi - 11 malam

Sudah siap jadi bangsawan? Jangan lupa untuk makan serabi, karena jaman dulu makanan yang satu ini merupakan sajian khusus untuk para raja.

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.