Sukses

Mengenal Arti Warna Hitam dari Psikologis dan Budaya

Tahukah kamu kalau warna, termasuk hitam bisa menjadi representasi sifat seseorang?

Liputan6.com, Semarang - Tahukah kamu kalau warna, termasuk hitam bisa menjadi representasi sifat seseorang? Yuk, cari tahu arti warna hitam yang sesungguhnya.

Arti warna hitam selalu dikaitkan dengan kegelapan, kesedihan, suram, kelam, yang konotasinya selalu negatif. Ternyata konotasi hitam sebagai warna untuk duka dan kesedihan sudah dipakai sejak lama dan berlaku hampir di seluruh dunia.

Melansir dari eragem.com, bahkan di negara-negara barat warna hitam tak hanya sekadar mewakili kesedihan dan duka. Tapi juga dianggap mampu mewakili berbagai hal yang konotasinya lebih negatif, seperti ilmu sihir, kejahatan, perang, dan kematian.

Meski begitu, arti warna hitam juga mengalami pergeseran. Kini hitam tak hanya sekadar dimaknai sebagai kejahatan, mistik, dan kematian. Fashion mengubah image tersebut dengan menghadirkan kesan anggun, klasik, berkelas, formal, hingga berwibawa.

Untuk mencari tahu arti sebenarnya dari warna yang juga kerap dikaitkan dengan pemberontakan di masa lalu, berikut adalah beberapa arti warna hitam dilihat dari sudut pandang psikologi dan budaya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Warna Hitam Menurut Psikologi

Secara psikologis, arti warna hitam tidak selalu negatif. Arti warna hitam bisa menjadi positif tergantung bagaimana warna tersebut ingin ditampilkan.

Ternyata dalam sudut pandang psikologis, arti warna hitam sangat tergantung pada situasi. Bagi orang yang memakai warna hitam dengan integritas dan kepemimpinan, arti warna hitam bisa berarti kontrol diri, disiplin diri, dan bahkan perlindungan.

Tapi di sisi lain, dalam psikologis arti warna hitam memiliki dampak yang luar biasa pada emosi seseorang. Arti warna hitam bisa menimbulkan perasaan beragam, mulai takut hingga segan atau hormat. Selain itu, arti warna hitam juga bisa memunculkan perasaan kesedihan, depresi, kerahasiaan, duka cita, penyesalan, dan kehampaan.

3 dari 3 halaman

Arti Warna Hitam Menurut Budaya

Warna hitam juga memiliki arti dari sudut pandang budaya. Dalam budaya Minangkabau, warna hitam menjadi salah satu warna utama atau satu dari tiga warna kebesaran. Dalam istilah Minangkabau, tiga warna kebesaran ini dikenal dengan istilah Marawa. Sebagai salah satu warna kebesaran, arti warna hitam menurut budaya Minangkabau merupakan simbol dari kekayaan akal dan budi.

Sementara dalam budaya Jawa, arti warna hitam adalah lambang dari keberanian, kebijaksanaan, dan kesetaraan. Hingga warna hitam kerap digunakan dalam berbagai jenis pakaian kebesaran, seperti pakaian kerajaan, busana pengantin, hingga pakaian batik tradisional.

Feng Shui juga mengartikan warna hitam dengan hal positif. Dalam Feng Shui, arti warna hitam berhubungan dengan air, yang menjadi simbol dari ketenangan, menciptakan misteri, dan kekuatan yang menjanjikan. Oleh karena itu, warna hitam kerap digunakan sebagai warna aksen, hitam memberikan kesan keteraturan dan keanggunan yang menenangkan dan nyaman.

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.