Sukses

Meski Sederhana, Ini 6 Manfaat Pull Up untuk Tubuh

Liputan6.com, Semarang Pull up adalah latihan kekuatan tubuh bagian atas yang juga memiliki cukup banyak manfaat. Terutama buat kamu yang ingin melatih otot tubuh bagian atas.

Pull up kerap dianggap sebagai latihan lanjutan. Gerakannya serupa dengan chin up, tetapi lebih sulit. Gerakan pull up bisa dimulai dengan menggantung pada palang pull up dengan punggung tangan menghadap ke arah tubuh.

Kemudian, pelan-pelan angkat tubuh sampai posisi dagu berada di atas palang.

Melansir Healtline, gerakan pull up merupakan salah satu latihan paling efektif untuk memperkuat otot-otot punggung seperti berikut.

Latissimus dorsi: otot punggung atas terbesar yang membentang dari punggung tengah ke bawah ketiak dan tulang belikat.

Trapezius: terletak dari leher ke kedua bahu.

Spinae erector toraks: tiga otot yang berjalan di sepanjang tulang belakang toraks.

Infraspinatus: membantu dengan ekstensi bahu dan terletak di tulang belikat.

Rutin melakukan pull up juga bisa memengaruhi bagian lengan dan bahu. Gerakan pull up dapat mengencangkan otot lengan bawah dan juga bahu. Selain itu pull up juga memberikan beberapa manfaat lainnya bagi tubuh seperti berikut.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 7 halaman

Menghilangkan Lemak

Salah satu manfaat pull up setiap hari adalah menghilangkan lemak-lemak bandel di sekitar pinggang. Pull up disebut menjadi solusi cepat menghilangkan lemak-lemak di sekitar pinggang.

Walau sederhana, pull up memang latihan yang cukup sulit dilakukan terutama pada awal. Selain itu, secara umum pull up setiap hari bisa membantu memangkas kelebihan berat badan.

3 dari 7 halaman

Memperkuat Cengkraman

Pull up merupakan olahraga yang sebagian besar tekanan terkonsentrasi pada telapak tangan dan jari-jari semua bagian tangan. Tentunya jika dilakukan setiap hari, maka kekuatan cengkraman tangan akan terus meningkat.

Manfaat pull up yang lainnya adalah memperkuat cengkraman tangan, hingga kamu tak perlu lagi meminta bantuan untuk membuka tutup toples.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan Mood

Secara umum olahraga dapat meningkatkan mood, tidak terkecuali pull up. Manfaat pull up setiap hari tentunya dapat meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati kamu.

Dengan berlatih, kamu akan memiliki postur tubuh baru yang tentunya akan membuat nyaman dan bangga.  

Faktanya, olahraga memotivasi seseorang untuk tampil lebih baik. Dan orang cenderung merasa lebih baik jika mereka memiliki postur yang benar.

5 dari 7 halaman

Mendapatkan Bentuk Tubuh V

Bentuk tubuh V merupakan idaman banyak orang. Membentuk V yang sempurna membutuhkan banyak upaya di seluruh tubuh, terutama perut.

Pull up adalah latihan punggung yang terkenal. Dengan rutin melakukan pull up, kamu dapat melatih punggung bagian bawah dengan baik. Selain itu, bahumu akan terlihat lebih besar dan pinggang lebih ramping, tetapi lebih berotot.

6 dari 7 halaman

Menyeimbangkan Otot

Salah satu bahaya dari olahraga berlebihan dengan yang fokus pada satu kelompok otot adalah, otot lainnya akan tetap terbelakang. Tentunya kondisi ini bisa menyebabkan cedera dalam jangka panjang.

Pull up dapat merangsang punggung dan lengan. Dengan melakukan beberapa set pull up setiap hari, kamu akan melatih seluruh tubuh bagian atas dan dengan cara itu memperkuat kedua kelompok otot secara merata.

7 dari 7 halaman

Membuat Latihan Lain Lebih Mudah

Pull up bukan latihan yang mudah, dan tidak pernah dimaksudkan untuk itu. Tapi begitu menguasainya, kamu akan langsung merasakan manfaatnya.

Karena dengan pull up, latihan lainnya akan terasa lebih mudah. Secara umum, pull up memperkuat kelompok otot secara merata, termasuk otot-otot lain yang cenderung dilatih saat melakukan latihan lain, misalnya push up.

Penulis Mega Dwi Anggraeni