Sukses

Dear Warga Jateng, Begini Cara Menghitung Keuntungan Crypto

Liputan6.com, Semarang Berinvestasi kripto bagi investor pemula memang membutuhkan banyak hal yang perlu dipahami. Mulai dari risikonya hingga bagaimana cara menghitung keuntungan crypto yang jadi pilihan investasi.

Dalam berinvestasi, tentunya semua orang ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal dan meminimalisir risiko yang kemungkinan bisa terjadi.

Namun, hal yang perlu dipahami adalah aset kripto ini memiliki risiko yang tinggi dan keuntungan yang bisa tinggi pula. 

Dunia cripto Indonesia saat ini, semakin menarik dan telah memberikan keuntungan bagi mereka yang sudah bergabung bersamanya. Sebagai pemula, pasti sangat kebingungan bagaimana cara menghitung keuntungan dari kripto. 

Public Relation Manager Litedex Protocol, David Saragih membagikan informasi, mengenai cara menghitung keuntungan kripto. 

Menurut David, pada Liputan6.com, Rabu (19/1/2022), keuntungan di kripto, analoginya sama seperti keuntungan berbisnis lainnya. Contohnya, ketika Anda membeli sepatu untuk dijual lagi.

Berarti Anda akan menaikkan harga, supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan pada saat berhasil menjual sepatu tersebut.

Begini, misalnya Anda membeli sepatu dengan harga, sebut saja, 100 (seratus) dan  berhasil menjual sepatu tersebut di harga 150 (seratus lima puluh).

Berarti akan ada keuntungan sebesar 50 (lima puluh). Secara persentase, berarti keuntungannya adalah 50 persen (lima puluh persen).

“Sama halnya dalam kripto, bukan sepatu yang Anda beli, melainkan aset kripto, contohnya seperti Bitcoin, Ethereum, Shiba, Raca, dan banyak lagi. Saya menyarankan, untuk belajar dengan 1 (satu) aset kripto sebagai new-bie,” jelas David.

“Seperti contoh yang dijelaskan, jika Anda membeli aset kripto pada harga tertentu, Anda pasti mendapatkan keuntungan dari selisih harga atas aset kripto yang Anda beli. Dalam hal aset kripto, berlaku untuk keuntungan di harga beli atau di harga jual, yang sama mekanismenya seperti saham. Maksud penjelasan sederhananya adalah bahwa Anda bisa mendapatkan keuntungan dari Anda menjual atau membeli aset kripto,” lanjutnya. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Contohnya Seperti Ini

Lebih lanjut David mengatakan, jika dijelaskan dalam angka, contohnya seperti ini, Anda membeli aset kripto di harga 100, dan menjualnya di harga 150, berarti ada increasing price atau peningkatan harga sebesar 50, dan keuntungan yang Anda dapat adalah sejumlah 50. 

Berlaku juga saat menjual aset kripto, ketika menjual aset kripto di harga 300 dan membelinya di harga 200, berarti ada spread atau perbedaan harga sejumlah 100. Ini juga bisa menjadi keuntungan, tergantung pada saat memulai beli atau jual aset kripto.

“Jadi, baik jual maupun beli, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari aset kripto yang Anda punya. Di lain kesempatan saya akan memberikan penjelasan yang lebih detail lagi tentang bagaimana bisa menentukan posisi Anda mulai dengan harga beli atau harga jual,” pungkas David.