Sukses

Tukar Botol Plastik Lewat Mesin Bisa Belanja Gratis di Toko Modern Ini, Begini Caranya

Liputan6.com, Semarang- Limbah botol plastik bisa didaur ulang. Tidak hanya itu, limbah botol plastik ternyata juga bisa mendatangkan poin untuk dipakai belanja di toko modern ini.

Danone-AQUA bekerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay, gerakan sosial berbasis platform digital, meluncurkan inovasi terbaru berupa AQUA Reverse Vending Machine (RVM). Inovasi ini berupa mesin penukaran botol plastik pasca konsumsi bagi masyarakat untuk memfasilitasi pengelolaan sampah plastik.

Gerakan ini untuk mendukung ambisi pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70 persen di 2025. Mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI), daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10 persen.

“Oleh karena itu diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas dan inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kami yang diwujudkan melalui gerakan #BijakBerplastik yang diluncurkan sejak 2018,” ujar VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, dalam siaran persnya.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin  mengapresiasi kerja sama dengan Danone-AQUA untuk karena ikut berkontribusi memberikan solusi bagi pengelolaan sampah plastik di Indonesia. Komitmen Alfamart Sahabat Bumi ditunjukkan dengan kerjasama untuk menginisiasi alternatif baru bagi masyarakat untuk ikut bijak mengelola kemasan botol plastik pasca konsumsi.

Terlebih, ada 16.000  gerai dan tersebar di seluruh Indonesia. Walaupun untuk tahap awal, mesin penukaran botol plastik ini baru ada di sejumlah gerai di Jakarta dan Tangerang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Cara Menukar

Melalui reverse vending machine ini, masyarakat diajak mengumpulkan kemasan botol plastik pasca konsumsi melalui empat langkah mudah.

Pertama, mengunduh aplikasi PlasticPay pada smartphone dan melakukan registrasi. Kemudian membawa kemasan botol plastik PET paska konsumsi ke lokasi AQUA RVM terdekat.

Pindai barcode pada botol plastik PET pasca konsumsi, sebelum memasukkannya ke dalam mesin RVM.

Terakhir, konsumen cukup memindai QRCODE yang muncul pada mesin menggunakan aplikasi PlasticPay, diakhiri dengan mengklik “AmbilPoin” pada aplikasi PlasticPay.

Suhendra Setiadi, CEO PlasticPay mengatakan melalui kerja sama dengan Danone-AQUA dan Alfamart, perusahaan yang memiliki komitmen daur ulang kemasan botol plastik paska konsumsi yang kuat dan jaringan toko yang luas.

Prosesnya, seluruh kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul dalam AQUA RVM akan diambil oleh mitra pengumpul sampah plastik Danone-AQUA dan langsung di bawa ke RBU (Recycle Business Unit) binaan Danone-AQUA yang berada di 6 lokasi, termasuk di Jakarta dan Tangerang Selatan. Kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul kemudian akan diolah menjadi plastik PET daur ulang yang digunakan kembali sebagai bahan baku di seluruh kemasan botol AQUA.

Selain mudah dan cepat, inisiatif ini juga menawarkan reward dari setiap poin yang dikumpulkan. Untuk kemasan botol plastik PET paska konsumsi dengan merk Danone-AQUA diberikan reward 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merk lain mendapat reward 50 poin per botolnya.

Poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastik dapat ditukarkan dengan Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan juga sedang diproses untuk bisa ditukarkan dengan Alfagift Points.