Sukses

Kenapa Pisang Bisa Cepat Hitam? Ini Jawabannya

Liputan6.com, Semarang Pisang adalah salah satu buah yang paling mudah dicari dengan harga terjangkau sekaligus buah yang paling cepat berubah warna. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya kenapa pisang bisa cepat hitam?

Pisang memang selalu mudah ditemukan seolah tidak pernah ada musim khusus untuk buah berwarna kuning dan melengkung ini. Rasanya manis dan tentu saja nutrisinya yang banyak membuat pisang menjadi salah satu buah favorit yang bisa dikonsumsi kapan pun.

Namun faktanya, pisang juga jadi buah yang paling cepat berubah warna. Tidak butuh waktu seminggu, dan warna kulitnya yang kuning bisa berubah menjadi coklat tua nyaris hitam. Tak jarang jika buah yang satu ini menimbulkan banyak pertanyaan. Kenapa cepat sekali menghitam? Apakah masih layak dimakan?

Jangan bingung dengan semua pertanyaan tentang pisang. Karena hal tersebut merupakan proses alami yang tak bisa dihindari. Kamu juga tak perlu frustasi tentang kondisi pisang yang kulitnya sudah berubah menjadi hitam. Karena faktanya, ketika kulit berubah menjadi hitam, daging pisang akan mengeluarkan rasa yang lebih manis.

Untuk mengetahui fakta-fakta tentang perubahan warna pisang yang sangat cepat. Melansir Food News, berikut adalah beberapa jawaban dari pertanyaan kenapa pisang bisa cepat matang?

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Suhu

Suhu dapat memengaruhi perubahan warna pisang. Jika pisang berada di suhu lebih dari 13 derajat Celcius, pisang bisa cepat hitam. Perubahan warna ini merupakan ciri dari pisang sudah matang hingga rasanya akan berubah menjadi lebih manis.

3 dari 3 halaman

Kimia

Alasan lain kenapa pisang bisa cepat menghitam adalah karena polifenol oksidase, enzim yang menyebabkan buah matang ketika bereaksi dengan oksigen. Ini akan memengaruhi seluruh pisang dan menyebabkannya berubah menjadi coklat tua atau hitam.

Artinya, ketika satu pisang sudah berubah warna menjadi coklat tua atau hitam, pisang lainnya akan ikut berubah warna dalam waktu yang sangat dekat. Jadi jangan heran ketika satu sisir pisang di rumahmu langsung berubah warna dalam beberapa hari.

Yang perlu kamu ketahui adalah pisang yang kulitnya sudah berubah warna menjadi coklat tua ataupun hitam bukan artinya mereka busuk. Jangan cemas duluan ketika menemukan pisang-pisang di rumah sudah menghitam.

Dengan rasa pisang yang lebih manis, kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara. Terlebih pisang yang kulitnya sudah menghitam disebut-sebut paling enak ketika dijadikan bahan dasar membuat cake maupun pancake.

Selain itu, jika ingin mendapat sarapan sehat, kamu bisa mengolah pisang-pisang yang sudah terlalu matang dengan mencampurnya bersama yoghurt dan susu segar, tanpa perlu menambahkan gula. Dan kamu akan mendapatkan segelas smoothies pisang untuk sarapan.

Namun jika ingin mengkonsumsi pisang tanpa perlu mengolahnya, kamu bisa memperlambat proses pematangan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan memasukkannya ke dalam kulkas ketika kulitnya mulai mengeluarkan bintik cokelat.

Bagaimanapun caramu menikmati pisang, yang penting jangan langsung panik dan membuangnya ke tempat sampah ketika melihat pisangmu berubah menjadi hitam.

Penulis Mega Dwi Anggraeni