Sukses

Harga Minyak Goreng Bikin Sakit Kepala, Ketahui Cara Menghematnya

Belakangan membeli minyak goreng memang bikin sakit kepala.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan membeli minyak goreng memang bikin sakit kepala. Harganya melambung tinggi dan seolah enggan turun. Untuk menekan pengeluaran minyak goreng tak ada salahnya untuk menghemat minyak goreng di rumah.

Minyak goreng memang jadi salah satu kebutuhan pokok. Beberapa metode memasak perlu menggunakan minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak, supaya makanan bisa matang dengan sempurna. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang menjerit akibat harga minyak goreng yang terus naik sejak sebulan lalu.

Walaupun sekarang ini pemerintah sudah menetapkan harga minyak goreng satu harga, tidak ada salahnya untuk berhemat menggunakan bahan pokok memasak satu ini. Apalagi, pengeluaran untuk minyak goreng memang cukup lumayan karena hampir selalu dipakai saat masak.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat minyak goreng. Mulai dari memerhatikan penggorengan, metode memasak, hingga cara menggunakan minyak goreng. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghemat minyak goreng di rumah yang dirangkum Liputan6.com.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengganti Metode Memasak

Masak Bahan Makanan dengan Metode Pan Frying

Salah satu cara menghemat pemakaian minyak goreng adalah mengganti metode memasak yang dikenal di dunia kuliner. Banyak metode memasak yang memang digunakan untuk meminimalisir penggunaan minyak goreng, di antaranya shallow frying, pan-frying, sauteing, dan stir-frying. Jika dibandingkan, metode pan-frying menggunakan minyak paling sedikit.

Ganti Goreng dengan Panggang

Cara menghemat pemakaian minyak goreng berikutnya adalah dengan mengganti metode goreng menjadi memanggang. Selain lebih hemat minyak, cara ini juga membuat hasil masakan kamu lebih rendah kalori dan lebih menyehatkan.

Hangatkan Makanan dengan Cara Dikukus

Beberapa makanan biasanya dihangatkan dengan cara digoreng. Namun metode menghangatkan makanan bisa dilakukan dengan cara mengukus makanan atau kamu bisa menghangatkannya dalam microwave. Dengan demikian kamu tidak perlu menggunakan minyak goreng lagi.

3 dari 4 halaman

Perhatikan Penggorengan

Gunakan Penggorengan Datar

Cara menghemat minyak goreng juga bisa dilakukan dengan mengganti penggorengan atau wajan. Sebaiknya, gunakan penggorengan yang tidak terlalu cekung, karena bentuk wajan juga mempengaruhi pemakaian minyak goreng. Semakin cekung penggorengan maka akan semakin banyak pula minyak yang diperlukan untuk menggoreng. Akan lebih baik untuk memilih penggorengan yang datar saja.

Gunakan Wajan Anti Lengket

Masak dengan menggunakan wajan anti lengket juga bisa menjadi cara menghemat minyak goreng. Memasak dengan wajan anti lengket tidak akan membutuhkan minyak dalam jumlah banyak. Wajan anti lengket biasanya digunakan untuk metode memasak yang memang tidak membutuhkan minyak banyak, seperti menumis atau memanggang.

4 dari 4 halaman

Perhatikan Cara Pemakaian Minyak Goreng

Masak dengan Cooking Spray

Mengganti minyak kemasan dengan cooking spray adalah cara menghemat minyak goreng yang bisa kamu lakukan di rumah. Sesuai namanya, cooking spray biasanya digunakan dengan cara menyemprotkan minyak goreng pada permukaan penggorengan hingga minyak goreng bisa tersebar sempurna di seluruh permukaan wajan.

Gunakan Minyak Goreng Berulang

Idealnya, minyak goreng dipakai untuk sekali memasak. Namun, melansir Halodoc, minyak goreng masih aman untuk digunakan sampai tiga kali. Agar minyak goreng tidak cepat rusak, gunakan minyak goreng untuk proses memasak dengan suhu di bawah 120 derajat Celcius.

Selain menghemat pengeluaran, menghemat penggunaan minyak goreng juga bisa membuat masakan lebih sehat dan kamu bisa terhindar dari kolesterol.

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.