Sukses

7 Manfaat Buah Durian yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Anemia

Liputan6.com, Semarang Meski aromanya menyengat dan teksturnya lembek, buah durian memiliki banyak penggemar dan kerap diburu. Buah durian juga memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho.

Buah durian dikenal karena aromanya yang menyengat serta rasa manisnya yang khas. Selain Indonesia, buah durian juga dikenal di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Sebut saja Malaysia dan juga Bangkok, Thailand.

Banyak orang menyukai buah durian karena rasa manisnya yang khas. Buah durian juga seolah bisa menghipnotis para penggemarnya untuk memakannya lagi, lagi, dan lagi. Namun kebanyakan makan durian juga bisa berisiko bagi kesehatan, terutama bagi orang-orang yang menderita diabetes dan darah tinggi.

Meski begitu, durian adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi lengkap. Jika tidak dikonsumsi dengan berlebihan, durian bisa memberikan manfaat bagi kesehatan juga, kok. Tidak percaya? Simak kandungan dan beberapa manfaat buah durian berikut, yang dirangkum Liputan6.com.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 8 halaman

Melancarkan Pencernaan

Durian merupakan buah dengan kandungan serat yang kaya. Kandungan tersebut bisa membantu membantu pencernaan dan kerja usus lebih baik.

Jika mengonsumsi durian dalam jumlah wajar, tentunya durian bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, penyumbatan usus, kembung, hingga mencegah kanker kolorektal.

Selain itu, serat ini juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

3 dari 8 halaman

Mencegah Anemia

Asam folat dan zat besi dalam durian mampu untuk membantu produksi sel-sel darah merah. Sehingga bagi kamu yang menderita anemia, cocok juga mengkonsumsi buah durian.

4 dari 8 halaman

Mencegah Kanker

Buah durian juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan fitonutrien yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ini mampu melindungi DNA sel sehat dan membantu tubuh memerangi radikal bebas yang bisa menumbuhkan sel kanker.

5 dari 8 halaman

Merilekskan Pembuluh Darah

Kandungan durian kaya akan potasium dan mineral untuk menyeimbangkan kadar garam. Ketika kebutuhan potasium terpenuhi, maka pembuluh darah akan lebih rileks, stres kardiovaskular berkurang, mengurangi resiko jantung, resiko aterosklerosis, hingga stroke.

Ini artinya, ada peningkatan kandungan oksigen dalam darah yang bisa mengurangi kepikunan dan alzheimer.

6 dari 8 halaman

Membantu Memperbaiki Masalah Disfungsi Seksual

Beberapa studi mengatakan, durian mampu meningkatkan libido dan stamina seks. Selain itu juga mengurangi infertilitas pada pria dan wanita serta meningkatkan produksi motilitas sperma.

7 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan lain yang dimiliki buah durian adalah potasium, mangan, magnesium yang dapat membantu tulang menjadi lebih sehat dan kuat. Potasium juga diketahui bisa membantu sel-sel tubuh dalam penyerapan nutrisi.  

Jadi, selain susu, mengonsumsi durian juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tulang.

8 dari 8 halaman

Membuat Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

Mengonsumsi durian juga ternyata bisa membantu tidur lebih cepat. Kandungan tryptophan dan senyawa yang ada di dalam durian mampu membuat kamu rileks hingga kualitas tidur pun menjadi lebih baik.

Hal tersebut terjadi ketika tryptophan yang masuk ke otak, akan menghasilkan serotonin yang mendorong produksi melatonin, hormon yang membuat kamu menjadi lebih rileks.

Itulah beberapa manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh. Yang perlu diingat, sebaiknya buah ini dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Olahraga teratur dan konsumsi juga makanan sehat.

Penulis Mega Dwi Anggraeni