Sukses

Omicron Masuk Jateng, Simak Gejala yang Paling Umum Dialami Penderita

Liputan6.com, Semarang Sebanyak sembilan pasien warga Jawa Tengah, dipastikan terpapar Covid-19 varian Omicron. Temuan varian Omicron ini berdasarkan hasil laboratorium kesehatan daerah Jateng.

“Sembilan orang positif Omicron berdasarkan hasil uji whole genome sequencing (WGS),” kata Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Jumat (21/1/2022).

Saat ini penyelidikan epidemiologi sedang dilakukan. Sampel uji WGS itu berasal dari Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan dan Sukoharjo.

Mutasi dalam varian ini juga menghasilkan gejala yang berbeda. Faktanya, para ahli virus terus memperingatkan bahwa tanda-tanda umum tertentu dari varian sebelumnya, seperti sesak napas atau kehilangan rasa dan penciuman, secara signifikan lebih kecil kemungkinannya terjadi dengan Omicron.

Jadi, apa yang harus Anda perhatikan sekarang? Para peneliti dari Inggris telah menggunakan aplikasi Studi Zoe Covid untuk mengumpulkan data tentang kasus virus corona positif PCR untuk menemukan lima gejala paling umum untuk kasus Omicron. Dilansir dari Best Life Online, berikut ini 4 gejala umum yang dialami penderita Covid-19 Omicron.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Pilek

Menurut informasi terbaru dari Aplikasi Studi Zoe Covid, gejala paling umum dari Omicron adalah pilek.

"Pada hari-hari awal pandemi, dianggap bahwa pilek bukanlah gejala Covid-19, dan lebih mungkin menjadi tanda pilek biasa," catat para peneliti. Tetapi sekarang, banyak ahli mengatakan bahwa gejala Omicron tampak lebih seperti pilek daripada versi Covid-19 sebelumnya.

"Gejala Omicron yang paling banyak dilaporkan benar-benar seperti pilek, terutama pada orang yang telah divaksinasi," kata Claire Steves, PhD, seorang ilmuwan dari King's College London yang terlibat dengan Zoe.

3 dari 6 halaman

Sakit Kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak hal, tetapi itu juga salah satu tanda utama infeksi Omicron, menurut Aplikasi Studi Zoe COVID. Data tambahan yang dirilis dari Departemen Kesehatan Negara Bagian Washington pada 12 Januari menunjukkan bahwa hampir 65 persen pasien Covid-nya melaporkan mengalami sakit kepala selama lonjakan Omicron baru-baru ini.

4 dari 6 halaman

Bersin

Bersin tidak sering dikaitkan dengan virus corona, sehingga banyak orang dengan gejala ini mungkin mengira mereka hanya berurusan dengan alergi atau pilek ringan.  

Tetapi di samping sejumlah gejala seperti pilek lainnya, bersin sekarang dianggap sebagai salah satu tanda Omicron. Ini karena tidak seperti varian lain termasuk Delta yang sebelumnya dominan, Omicron memiliki afinitas lebih tinggi untuk menginfeksi sistem pernapasan bagian atas, Emily Landon, MD, kepala ahli epidemiologi penyakit menular di University of Chicago Medicine, mengatakan kepada The Washington Post.

5 dari 6 halaman

Sakit Tenggorokan

Gejala pernapasan atas lainnya yang sering muncul dengan Omicron adalah sakit tenggorokan. Beberapa dokter bahkan mengatakan itu adalah masalah paling umum yang mereka temui pada pasien yang akhirnya dites positif Covid. 

"Sebagian besar, keluhan terbesar saya adalah sakit tenggorokan atau tenggorokan gatal," kata Patricia Williams, penyedia obat keluarga di Novant Health, kepada WFMY News 2 yang berafiliasi dengan CBS North Carolina.

6 dari 6 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron