Sukses

Tampak Malu Kalau Disentuh, Putri Malu Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho!

Liputan6.com, Semarang - Tumbuhan putri malu atau Mimosa pudica, biasanya ditemukan di antara semak-semak. Meski begitu, rupanya tumbuhan putri malu adalah obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tumbuhan putri malu memang cukup mudah dikenali. Tengok saja di sekitar rumah, biasanya dia tumbuh bersama rumput-rumput liar.

Di antara rumput liar, putri malu ini bentuknya sedikit mirip dengan kipas dan kalau terkena sentuhan, daun-daun di kedua sisinya akan menutup, seolah memang malu.

Meski tampak sebagai tumbuhan liar, putri malu bisa berfungsi sebagai obat alami. Melansir US National Library of Medicine, National Institute of Health,  Mimosa pudica memiliki banyak kandungan yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit.

Beberapa kandungan yang dimiliki tumbuhan putri malu, di antaranya antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, afrodisiak, dan berbagai aktivitas farmakologis lainnya.

Dengan adanya kandungan-kandungan tersebut, putri malu telah digunakan selama berabad-abad sebagai ramuan tradisional untuk pengobatan urogenital, wasir, disentri,  sinus, dan juga dioleskan pada luka.

Yuk, simak lima fungsi putri malu sebagai obat herbal, seperti disadur dari Wild Turmeric dan Essenziale.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Baik untuk Kesehatan Usus

Selama bertahun-tahun, tumbuhan putri malu sudah digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan serta mengobati diare.

Hasil penelitian menunjukkan, biji tumbuhan putri malu membantu pembersihan parasit. Kandungan gel mucilaginous efektif membuang racun, parasit, atau limbah apapun yang berada dalam saluran pencernaan.

3 dari 6 halaman

Menyembuhkan Luka

Ekstrak daun dari tumbuhan putri malu yang dibuat dengan cara menumbuknya sampai halus dan dicampur dengan sedikit air, merupakan salah satu cara pengobatan tradisional yang dipercaya mampu mengobati luka.

Sebuah penelitian membuktikan salep yang dibuat dengan campuran daun Mimosa, air, dan metanol menunjukkan aktivitas penyembuhan luka yang signifikan.

4 dari 6 halaman

Obat Antidepresan

Di beberapa negara, tumbuhan putri malu juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi Depresi. Bersamaan dengan mengatasi depresi, ekstrak dari spesies asli dari Amerika Serikat dan Amerika Tengah ini mampu untuk bantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan memori otak.

5 dari 6 halaman

Obat Nyeri Sendi

Kandungan anti-inflamasi yang dimiliki tumbuhan putri malu mampu membantu meredakan nyeri sendi dan peradangan.

Cara penggunaannya, daun putri malu ditumbuk hingga berbentuk pasta, kemudian dioleskan ke daerah sendi yang nyeri dan biarkan selama semalaman. Dalam beberapa hari penggunaan akan mengurangi pembengkakkan, meredakan rasa sakit, dan memperbaiki kondisi keseluruhan.

6 dari 6 halaman

Melindungi Hati

Penggunaan tumbuhan putri malu sebagai obat penting lainnya adalah perlindungan hati terhadap racun. Putri malu memiliki sifat antelmintik (mengusir cacing) yang mampu mengusir cacing dan melindungi hati.

Kamu bisa merebus tanaman putri malu dan meminum air rebusannya sebagai obat. Itulah beberapa lima manfaat yang bisa kamu ketahui tentang tumbuhan putri malu. Semoga bermanfaat!

Penulis Mega Dwi Anggraeni