Sukses

Pencinta Drakor di Jawa Tengah, Ini 10 Fakta Choi Woo Shik

Liputan6.com, Semarang Belakangan nama Choi Woo Shik viral di media sosial, lantaran sukses membuat pencinta drama korea jatuh hati lewat perannya sebagai Choi Ung di drama Korea Our Beloved Summer. Yuk, kenalan lebih jauh sama aktor Korea Selatan yang satu ini.

Choi Woo Shik bukanlah pendatang baru di industri hiburan Korea. Dia sudah memulai debutnya sebagai aktor sejak 2011 lalu lewat drama The Duo, di mana dia berperan sebagai versi muda karakter utama dalam drama tersebut.

Selang tiga tahun, dia mendapatkan peran utama pertamanya dalam film Set Me Free. Film yang menghantarkan Choi Woo Shik kepada piala penghargaan pertamanya sebagai Best New Actor di Korean Association of Film Critics Awards dan Blue Dragon Film Awards pada 2015 lalu.

Sejak itu, pelan tapi pasti nama Choi Woo Shik mulai dikenal. Wajahnya mulai muncul di sejumlah film dan drama Korea populer, seperti Rooftop Prince, Fated to Love You, Hogu’s Love, Fight For My Way, Train to Busan, The Witch: Part 1. The Subversion, Parasite, dan masih banyak lagi.

Kemampuan akting Choi Woo Shik diakui secara internasional ketika dirinya sukses memerankan Min Yong Guk, seorang pemain bisbol muda yang bertarung melawan zombie di Train to Busan. Kesuksesannya semakin bertambah setelah film Parasite yang dibintanginya berhasil memborong empat piala Oscar pada 2020 lalu. 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Berikut 10 Fakta tentang Choi Woo Shik

1. Besar di Kanada

Choi Woo Shik lahir Seoul pada 26 Maret 1990. Namun dia dan keluarganya bermigrasi ke Vancouver, Kanada ketika dia duduk di kelas 5 SD. Choi Woo Shik pun menghabiskan separuh hidupnya di Kanada  dan baru kembali ke Korea Selatan ketika berusia 21 tahun.

Karena itulah, Choi Woo Shik fasih menggunakan bahasa Inggris. Tengok saja kemampuan bahasa Inggrisnya di film The Witch: Part 1. The Subversion.

2. Jadi Aktor Karena Matanya Sedang Trend

Dalam sebuah wawancara di acara televisi Yoo Quiz on The Block, Choi Woo Shik mengaku ikut audisi di Korea Selatan setelah mendengar saran dari temannya di Kanada, yang mengatakan, bentuk matanya sedang trend untuk aktor.

Meski awalnya bingung dengan maksud temannya, namun Choi Woo Shik akhirnya paham, saat itu industri hiburan Korea sudah mulai menggempur berbagai negara. Dia pun akhirnya memutuskan berhenti kuliah dan pulang ke Korea Selatan.

3. Nama Inggrisnya Eddie Choi

Menghabiskan separuh hidupnya di Kanada membuat Choi Woo Shik memiliki nama lain yang lebih internasional. Dia menggunakan nama Edward Choi dan teman-temannya lebih sering memanggilnya Eddie.

4. Berteman Akrab dengan V BTS

Lewat beberapa perannya di drama dan film, Choi Woo Shik dipertemukan dengan aktor Park Seo Joon. Pertemanan mereka pun berlanjut hingga akhirnya membentuk grup Wooga, yang berisi Park Hyung Shik, V BTS, dan rapper Peakboy.

Wooga sendiri merupakan singkatan dari frasa Korea yang artinya “Kami adalah Keluarga”. Meskipun tidak memiliki hubungan darah, mereka memperlakukan satu sama lain seperti saudara. Wooga Squad juga dikenal lantaran dukungan yang kerap diberikan satu sama lain, dengan mempromosikan proyek baru milik salah satu anggotanya. Mereka juga sering saling mengirimkan truk makanan ke lokasi syuting.

5. Ingin Jadi Sutradara

Setelah sukses memerankan berbagai macam karakter, Choi Woo Shik ingin mengembangkan kariernya dengan menjadi sutradara. Dalam satu wawancara, dia mengatakan bahwa dia berencana untuk mencapai tujuan itu dengan mengedit video dan penulisan naskah.

3 dari 3 halaman

6. Rendah Hati

6. Rendah Hati

Meski sudah mendapatkan berbagai piala penghargaan, Choi Woo Shik juga dikenal sebagai sosok yang rendah hati. Hal itu terlihat dalam sebuah acara televisi, Youn’s Stay.

Dalam variety show itu, Choi Woo Shik mendapat tugas menjemput tamu-tamu untuk dibawa ke penginapan. Di salah satu episodenya, tamu-tamu internasional yang dia jemput menanyakan sudah berapa banyak film yang sudah dibintangi Choi Woo Shik.

Pertanyaan tak terduga dari tamunya kemudian dijawab Choi Woo Shik yang mengatakan hanya membintangi kurang lebih 10 judul drama dan film. Padahal sejak debutnya, ada lebih dari 20 judul drama dan film yang dia bintangi. Beberapa di antaranya bahkan diakui secara internasional.

7. Bisa Bernyanyi

Tahukah kamu Choi Woo Shik adalah penyanyi di balik kredit akhir Parasite? Lagu yang juga ditulis sang sutradara dan penulis skenario Parasite, Bong Joon Ho. Lagu aslinya berjudul Soju One Glass, bahkan masuk nominasi Oscar.

Baru-baru ini, Choi Woo Shik juga merilis Poom, sebuah lagu ballad yang dia bawakan bersama teman baiknya, Peakboy.

8. Aktif di Instagram

Choi Woo Shik adalah salah satu aktor Korea yang aktif membagikan kegiatannya di Instagram pribadinya, @dntlrdl. Lewat akunnya, kamu bisa menengok aktivitas Choi Woo Shik di belakang layar. Kamu juga bisa melihat aktivitas Wooga Squad yang biasanya muncul di kolom komen.

9. Mampu Memerankan Berbagai Karakter

Sejak debut aktornya pada 2011 lalu, Choi Woo Shik banyak memerankan berbagai macam karakter. Mulai dari psikopat kejam di The Witch: Part 1. The Subversion, pemuda lugu di Ho Gu’s Love, dokter licik di Fight for My Way, pemuda culas di Parasite, hingga pemuda naif di Our Beloved Summer.

10. Fokus Menjaga Kesehatan Mental

Lewat wawancara dengan Vogue, Choi Woo Shik menegaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan mental. Dia bahkan mengatakan untuk lebih memertimbangkan kesehatan mental daripada kesehatan fisik.

Dalam wawancara itu juga, Choi Woo Shik berbagi cara mengatasi gangguan mental. Menurutnya, berlatih meditasi bisa membantu mengurangi insomnianya. Dia bahkan berbagi tips untuk menjaga kesehatan mental.

Dia mengatakan, akan menyetir mobil saat sedang Stress. Dia juga akan jalan-jalan mengunjungi Goseong di Gangwon-do, Hawaii, dan Bali sebagai tempat wisata favoritnya untuk melepas stres.

Penulis Mega Dwi Anggraeni

  • Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di pulau Jawa, Indonesia.
    Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di pulau Jawa, Indonesia.
    Jateng
  • Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa.
    Jawa Tengah adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa.
    Jawa Tengah
  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.
    drama Korea
  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.
    drakor
  • Liputan6.com Jawa Tengah menyajikan berita terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Jawa Tengah, Indonesia, dan dunia.
    Liputan6.com Jawa Tengah menyajikan berita terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Jawa Tengah, Indonesia, dan dunia.
    berita jateng
  • Liputan6.com Jawa Tengah menyajikan berita terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Jawa Tengah, Indonesia, dan dunia.
    Liputan6.com Jawa Tengah menyajikan berita terkini tentang berbagai peristiwa yang terjadi di Jawa Tengah, Indonesia, dan dunia.
    berita jateng hari ini