Sukses

Ingin Menghilangkan Ketombe? Coba dengan 4 Bahan Alami Ini

Liputan6.com, Semarang Mengatasi rambut rontok, berketombe hingga rambut bercabang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berbagai bahan alami yang ada di rumah.

Banyak orang yang mengeluhkan kondisi kesehatan rambutnya. Mulai dari kulit kepala terlalu berminyak hingga rambut bercabang. Masalah-masalah ini biasanya terjadi karena kondisi kulit kepala yang tidak sehat.

Ada cukup banyak produk perawatan kesehatan rambut yang dibuat dengan menggunakan berbagai formula, salah satunya untuk mengatasi masalah ketombe. Namun, tahukah kamu jika ketombe bisa diatasi dengan menggunakan berbagai bahan alami.

Setidaknya ada empat bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Penasaran? Berikut ulasan bahan-bahan alami yang bisa mengatasi ketombe, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Minyak Kelapa

Salah satu kecanggihan minyak kelapa yang bisa kamu rasakan adalah sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe.

Biasanya, sebagian besar orang dengan kepala berketombe memiliki kondisi kulit kepala yang kering. Penggunaan minyak kelapa secara teratur mampu meningkatkan hidrasi kulit, oleh karenanya minyak kelapa baik untuk mencegah ketombe.

Minyak kelapa bisa jadi pilihan tepat jika kamu ingin mengusir ketombe. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan minyak kelapa selama 8 minggu dengan penggunaan 2 kali seminggu.

3 dari 5 halaman

Cuka Apel

Keasaman cuka apel dipercaya dapat menstimulasi pelepasan sel kulit mati yang ada pada lapisan kulit kepala. Sehingga mencegah terjadinya penumpukan sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab dari ketombe.

Selain itu juga membantu menyeimbangkan kadar ph kulit kepala yang nantinya dapat mencegah pertumbuhan jamur.

4 dari 5 halaman

Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu bahan alami yang memiliki beberapa khasiat. Mulai dari mengobati jerawat hingga mengusir ketombe.

Hal tersebut terjadi karena sifat antimikroba dan anti inflamasi yang dimiliki oleh tea tree oil.

Melansir dari Healthlinetea tree oil efektif melawan jenis jamur penyebab dermatitis seboroik dan ketombe. Tea tree oil juga bermanfaat mengurangi rasa gatal yang muncul akibat adanya ketombe.

Meski begitu, beberapa orang diketahui memiliki kulit yang sensitif terhadap tea tree, jadi pastikan untuk menggunakan secukupnya dahulu untuk mengetahui reaksi alergi.

5 dari 5 halaman

Lidah Buaya

Bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi ketombe adalah lidah buaya. Selain minyak kelapa, lidah buaya adalah bahan yang cukup mudah didapatkan.

Lidah buaya diketahui memiliki sejumlah manfaat. Mulai dari menjaga kelembapan kulit juga bisa membantu mencegah melepuh pada luka bakar. Sifat antibakteri dan anti jamur pada lidah buaya juga bisa membantu pengobatan ketombe.

Lidah buaya juga baik untuk perawatan kesehatan rambut dengan penggunaan yang cukup mudah.

Mengatasi ketombe bisa dilakukan juga dengan mengkombinasikan bahan-bahan alami tersebut dengan sampo yang memang diformulasikan untuk mengatasi ketombe. Gunakan keduanya, kurang lebih 2 hingga 3 minggu sekali selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Penulis Mega Dwi Anggraeni