Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

5 Cara Sederhana Merawat Payudara Agar Tetap Sehat dan Kencang

Liputan6.com, Semarang Payudara kencang dan sehat selalu jadi dambaan seluruh wanita di muka bumi. Namun biasanya, bentuk payudara mengalami perubahan seiring waktu. Meski begitu, ada beberapa cara sederhana merawat payudara agar tetap sehat dan kencang.

Biasanya bentuk dan ukuran payudara payudara setiap perempuan berbeda dan akan mengalami perubahan bentuk. Melansir American Society of Plastic Surgeons, perubahan bentuk payudara dipercaya karena berbagai faktor. Mulai dari kehamilan, menyusui, penurunan berat badan, penuaan, gravitasi, dan keturunan.

Payudara kendur memang tidak berbahaya, namun hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. Tak heran jika banyak wanita yang memilih jalan untuk melakukan operasi demi memperbaiki bentuk payudara.

Di luar operasi yang tentunya akan menghabiskan budget yang sangat besar, merawat payudara tetap sehat dan kencang bisa dilakukan dengan cara sederhana, lho. Meski tidak bisa sepenuhnya mengembalikan bentuk payudara seperti semula, cara-cara berikut ampuh mengangkat payudara dan terlihat kencang secara alami.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Olahraga

American Cancer Society merekomendasikan, setidaknya melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 hingga 300 menit per minggu. Atau 75 menit hingga 150 menit dengan intensitas tinggi selama seminggu.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, payudara tak memiliki otot, tapi Anda bisa mengencangkan jaringan dalam payudara dengan melakukan olahraga. Karena di bawah payudara terdapat jaringan ikat fibrosa dan otot yang dapat mengangkat payudara.

Melain mampu memperbaiki postur tubuh, olahraga membakar kalori sekaligus mengangkat payudara dan membuatnya terlihat lebih kencang secara alami.

Meski begitu, tak semua jenis olahraga bisa membuat payudara terlihat kencang. Beberapa olahraga yang disarankan untuk dapat mengangkat jaringan payudara adalah, pushups, berenang, angkat beban (bench press dan arm curls).

3 dari 6 halaman

Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan di angka ideal juga bagian dari merawat payudara tetap sehat dan kencang, karena naiknya berat badan sama artinya dengan meningkatnya hormon estrogen.

Kelebihan hormon estrogen bisa berdampak pada kesehatan. Melansir American Cancer Society, dominasi estrogen bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium. Selain itu, kelebihan berat badan juga memberi tekanan pada jaringan kulit serta memberi beban tambahan pada payudara hingga menyebabkan kendur.

4 dari 6 halaman

Menjaga Asupan Nutrisi

Kurang lengkap jika olahraga tak diimbangi dengan menjaga asupan nutrisi. Penting diingat, makan makanan seimbang dan sehat merupakan cara untuk menutrisi kulit agar tetap sehat, kuat, dan kenyal yang juga mempengaruhi kesehatan payudara.

Pastikan juga Anda untuk minum cukup air setiap hari supaya tetap terhidrasi. Selain membuat kulit kencang, air juga memberikan kekuatan pada semua jaringan dan organ tubuh, termasuk kekuatan jaringan payudara. 

Jangan lupa, hindari rokok ya Anda. Karena selain membahayakan kulit dan kesehatan secara keseluruhan, rokok juga berkontribusi membuat payudara kendur.

5 dari 6 halaman

Gunakan Bra yang Tepat

Menggunakan bra dengan ukuran yang tepat dan bahan berkualitas juga bisa membantu merawat payudara tetap sehat dan kencang. Hal tersebut dikarenakan, bra akan memberikan dukungan tambahan yang mengurangi ketegangan dan tekanan pada jaringan dan otot pendukung payudara.

Meski begitu, ada baiknya juga sesekali meninggalkan bra saat sedang di rumah atau tidur. Selain payudara Anda bisa bernapas dengan lebih leluasa, nyeri punggung akibat bra pun akan sedikit berkurang.

6 dari 6 halaman

Masker Payudara

Masker tak hanya membantu menjaga kesehatan kulit wajah, tapi juga kesehatan payudara.

Untuk masker payudara, Anda bisa membuat campuran kuning telur dan jus mentimun. Kemudian oleskan di sekitar payudara dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

Lakukan sekali sehari selama seminggu untuk merasakan perbedaannya.

Itulah cara-cara merawat payudara tetap sehat dan kencang. Sederhana dan mudah, kan? Selamat mencoba!

Penulis Mega Dwi Anggraeni