Sukses

8 Cara Sederhana Menghilangkan Kantung Mata

Liputan6.com, Semarang Meski bukan hal yang membahayakan nyawa, tapi kantung mata cukup mengganggu penampilan. Melansir Clinic Mayo, ada cukup banyak penyebab munculnya kantung mata.

Namun secara umum, struktur jaringan dan otot yang menopang kelopak mata melemah seiring dengan bertambahnya usia.

Selain faktor usia, kantung mata juga bisa disebabkan oleh kelelahan yang membuat area di sekitarnya menghitam, atau bahkan karena faktor keturunan.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata. Bahan-bahannya pun bisa didapat dengan mudah di rumah. Nah, berikut adalah cara-cara menghilangkan kantung mata seperti dilansir dari Healthline.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Kompres dengan Kantong Teh

Selain air seduhannya bisa diseruput, ampasnya bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kantung mata. Kamu bisa menggunakan kantong teh berkafein di bawah mata untuk membantu mengatasi lingkaran hitam dan kantung mata.

Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit.

Untuk melakukan ini:

Seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit.

Biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit.

Kemudian, peras cairan ekstra dan oleskan ke area bawah mata.

Biarkan kantong teh selama 15 hingga 30 menit.

3 dari 6 halaman

Gunakan Gunakan Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata juga bisa dilakukan dengan menggunakan kompres dingin. Menerapkan kompres dingin ke daerah kantung mata dapat membantu pembuluh darah menyempit dengan cepat untuk beberapa bantuan sementara.

Kompres dingin bisa didapat di beberapa toko. Tapi jika ingin melakukan dengan bahan-bahan sederhana di rumah, kamu bisa menggunakan sendok teh dingin, mentimun dingin, kain lap basah sekantong sayuran beku.

Untuk sekantong sayuran beku, sebaiknya bungkus dengan lap atau handuk sebelum menerapkannya ke kantung mata.

4 dari 6 halaman

Pakai Tabir Surya Setiap Hari

American Academy of Dermatology menyarankan agar semua orang memakai tabir surya. Perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB adalah penting.

Begitu juga memilih formula yang SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air. Mengajukan permohonan kembali seperlunya atau diarahkan pada instruksi paket. Pilih pelembab wajah harian yang juga SPF 30 atau lebih tinggi.

Menggunakan tabir surya dapat melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari dan juga mengatasi sejumlah masalah dermatologis, seperti penuaan penuaan dini, kanker kulit, perubahan warna. Dan pada akhirnya, memakai tabir surya juga dapat membantu mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

4. Tetap Terhidrasi

60 persen berat badan kamu terbentuk dari air. Mengingat hal ini, tidak heran jika dehidrasi dapat berkontribusi pada kantong di bawah mata. Maka, cara menghilangkan kantung mata yang bisa kamu lakukan adalah tetap minum air.

Para ahli merekomendasikan minum sekitar 13 cangkir cairan sehari untuk pria, dan sekitar 9 cangkir cairan untuk wanita, per hari.

Tidak suka air? Kabar baiknya adalah bahwa semua cairan diperhitungkan dalam total asupan air harian kamu. Kamu bisa minum cobalah air soda, air beraroma, atau bahkan air yang mengandung buah. Teh tanpa kafein herbal panas atau dingin adalah pilihan bagus lainnya. Meski begitu, air adalah pilihan terbaik karena rendah kalori.

5. Hapus Make Up Sebelum Tidur

Memperbaiki rutinitas malam juga dapat membantu menghilangkan kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Secara khusus, penting untuk mencuci muka sebelum tidur setiap malam, karena ada beberapa alasan kenapa kamu tidak boleh tidur dengan make up.

1. Kamu mungkin akan mengalami reaksi alergi kulit.

2. Makeup, khususnya yang digunakan di aera mata,  dapat mengembangkan infeksi yang menyebabkan kemerahan, bengkak, atau gejala lainnya.

3. Tidur dengan make up dapat menyebabkan kerutan atau merusak kulit, karena kulit akan terpapar radikal bebas. Kondisi ini berpotensi menimbulkan stres oksidatif, yang dapat membuat kulit menua sebelum waktunya.

6. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Kaya Kolagen

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata melemah. Ini berarti kulit kamu mungkin mulai melorot, termasuk lemak yang biasanya ada di sekitar mata.

Meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat. Asam esensial ini secara alami ditemukan di dalam tubuh, tetapi jumlah yang disimpan menurun seiring bertambahnya usia.

Makanan yang kaya vitamin C dan asam amino juga dapat membantu produksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat, menciptakan kulit yang lebih sehat.

Beberapa sumber vitamin C yang bisa kamu konsumsi adalah jeruk, paprika merah, kubis, kubis brussel, brokoli, dan strawberry.

6 dari 6 halaman

Makanan Asin

7. Kurangi Makanan Asin

Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin juga berpotensi memunculkan kantung mata. Garam berkontribusi pada retensi cairan tubuh dan dapat membuat kamu bengkak secara keseluruhan. Ini juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke.

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi 2.300 miligram (mg) atau kurang garam setiap hari. Idealnya, orang dewasa tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1.500 mg garam setiap hari.

8. Tidur 8 Jam

Salah satu faktor penyebab munculnya kantung mata adalah kelelahan. Kurang tidur bisa membuat wajahmu menjadi pucat dan tentu saja lingkaran hitam di bawah mata menjadi terlihat lebih jelas. Jadi, pastikan kamu untuk tidur paling tidak 8 jam sehari.

Kamu yang memiliki gangguan tidur bisa mengikuti beberapa trick berikut:

Cobalah membuat jadwal tidur, atau waktu tidur dan waktu bangun yang teratur.

Hindari minuman dan makanan berkafein 6 hingga 12 jam sebelum waktu tidur.

Hindari minuman beralkohol di sekitar waktu tidur.

Selesaikan semua makanan dan camilan dua jam sebelum tidur.

Selesaikan semua olahraga berat beberapa jam sebelum tidur.

Matikan televisi, ponsel, dan perangkat elektronik lainnya satu jam sebelum tidur.

Penulis Mega Dwi Anggraeni