Sukses

Akses Jalan Tertimbun Longsor di Lebaklarang Pekalongan Berhasil Dibuka

Liputan6.com, Pekalongan - Tim gabungan berhasil membuka sejumlah akses jalan yang sebelumnya tertutup material longsor di Kecamatan Lebaklarang, Pekalongan, Jawa Tengah.

“Alhamdulillah satu dari tiga titik longsor terparah di wilayah Kecamatan Lebakbarang sudah berhasil dibuka oleh tim gabungan. Sedangkan sisanya, dua titik longsor diperkirakan hari ini juga bisa dibuka kembali untuk aktivitas masyarakat,” kata Kapolres Pekalongan, AKBP Dr Arief Fajar Satria, dalam keterangannya, dikutip Minggu (23/1/2022).

Dia juga memastikan jalan sudah bisa dilalui. Namun demikian, Kapolres meminta masyarakat maupun pengguna jalan yang akan melintas di wilayah Lebakbarang untuk berhati-hati. Pasalnya, dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan jika hujan kembali turun dengan intensitas tinggi dan lama.

“Kami khawatir hujan turun lagi dengan intensitas tinggi dan lama. Yang berdampak akan adanya longsor susulan di lokasi longsor tadi,' ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan AKBP Arief, penyebab longsor di wilayah Lebakbarang ini selain dari hujan dengan intensitas tinggi yang turun di hari sebelumnya, kondisi tanah tebing sudah dalam keadaan rapuh.

“Tebing sudah rapuh, makanya ketika hujan turun dengan deras, mengakibatkan tebing rapuh itu longsor dan menutupi jalan,” dia mengungkapkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Menutup Akses Jalan

Tim gabungan masih melakukan pembersihan material di dua lokasi longsor. Dengan melibatkan semua unsur seperti, TNI, Polri, anggota BPBD Kabupaten Pekalongan, Polisi Kehutanan dan masyarakat sekitar.

“Pembersihan pun, harus menggunakan alat berat karena material longsoran tidak memungkinkan dibersihkan dengan alat konvensional,” tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya longsor yang terjadi di wilayah Lebakbarang mengakibatkan tertutupnya jalan, sehingga akses Lebakbarang – Karanganyar begitupun sebaliknya tidak bisa dilalui masyarakat untuk beraktivitas.