Sukses

Mengenal Arsitektur Rancangan Ridwan Kamil, dari Marina Bay Singapura sampai Masjid Agung Purwokerto

Liputan6.com, Semarang- Nama Ridwan Kamil menjadi pembicaraan ketika Presiden Joko Widodo menyebutkan kriteria pemimpin yang tepat untuk ibu kota negara (IKN) Nusantara. Nama Ridwan Kamil mencuat saat presiden menyebutkan pemimpin IKN setidaknya pernah memimpin daerah dan memiliki background atau latar belakang arsitek.

Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai gubernur Jawa Barat juga dikenal sebagai arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Sebelum menjadi wali kota Bandung hingga gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merupakan praktisi sekaligus dosen arsitektur di ITB.

Karya rancangan Ridwan Kamil, tak hanya di Indonesia, melainkan juga tersebar hingga ke benua Asia dan Eropa. Ciri khas desain karya pria yang akrab disapa Kang Emil itu, adalah filosofi yang mendalam dalam setiap goresannya.

Melalui firma arsitektur Urbane, karya Ridwan Kamil tersebar di berbagai daerah Indonesia dan mancanegara. Mulai dari masjid berbahan batako yang terbuat dari abu letusan gunung Merapi, Museum Tsunami di Aceh, sekolah anti gempa di Pangalengan Bandung, kawasan elite di Kuningan Jakarta, superblok di China, sampai bangunan di Syiria.

Salah satu karya Kang Emil yang monumental di dalam negeri adalah Museum Tsunami Aceh, Banda Aceh. Bangunan itu menggambarkan bagaimana rakyat Aceh bersedih dan bangkit dari bencana besar yang terjadi pada 2004 lalu.

Kemudian, Marina Bay Waterfront di Singapura. Tak ketinggalan sebuah rancangan kota baru dan dianggap sebagai salah satu kota masa depan, Ningbo Newtown, Tiongkok.

Tak hanya mendesain soal bangunan dan kawasan publik, Ridwan Kamil juga getol merancang desain masjid di dalam dan luar negeri.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Masjid Agung Purwokerto

Dikutip dari jabarprov.go.id, Masjid Agung Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah juga didesain Ridwan Kamil. Pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama yang dilaksanakan pada Jumat (7/5/2021).

Ridwan Kamil melalui konferensi video mengatakan desain Masjid Agung Purwokerto memiliki konsep Seribu Bulan Sabit. Ia berharap masjid tersebut dapat menjadi kebanggaan warga Kabupaten Banyumas.

Selain Masjid Agung Purwokerto, Ridwan Kamil juga merancang Masjid 99 Kubah di Kota Makassar serta Masjid Syeikh Ajlin di Palestina, yang masih dalam tahap pembangunan.

Sekitar 20 penghargaan terkait karya arsitektur dan tata kota diraih Ridwan Kamil.. Rancangan masjid Al-Irsyad yang dipersembahkan bagi mendiang ayahnya, masuk dalam Top 5 Best Building Of The Year 2010 oleh ArchDaily dan menjadi satu dari 25 masjid terindah di dunia versi Complex Magazine.