Sukses

Dear Sobat Jateng, Ini Dia Cara Menjalani Diet Golongan Darah

Gaung diet golongan darah sudah cukup lama terdengar.

Liputan6.com, Semarang Gaung diet golongan darah sudah cukup lama terdengar. Metode ini dipercaya sebagai yang paling ampuh menurunkan berat badan, bahkan juga diyakini baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Penulis buku 'Eat Right for Your Type' sekaligus pakar nutrisi Dr Peter D'Adamo, menyebutkan bahwa metode diet umum yang saat ini sering dilakukan masyarakat tak selalu sukses karena tak semua orang cocok melakukannya. Dia juga meyakini setiap golongan darah memiliki kebutuhan asupan yang berbeda-beda.

Jika satu makanan berguna bagi satu golongan darah, belum tentu makanan tersebut tepat untuk golongan darah lainnya.

Diet golongan darah dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan-makanan yang hanya cocok untuk golongan darah pelaku diet. Penasaran dengan diet yang satu ini? Yuk simak ulasannya yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diet Golongan Darah A

Golongan darah A memiliki konsistensi kekentalan darah di mana hal tersebut membuat darah lamban beredar. Kelambanan peredaran darah menyebabkan penumpukan kotoran pada dinding arteri. Karenanya, golongan darah A jadi lebih sensitif terhadap penyakit diabetes, kanker, dan jantung.

Untuk melakukan diet golongan darah, pemilik golongan darah A direkomendasikan untuk makan ikan laut dan ikan tawar, tempe, tahu, kacang-kacangan, sayur bayam, dan brokoli. Sedangkan untuk minuman yakni air mineral, susu kedelai, dan jus buah-buahan.

Sementara makanan yang harus dihindari adalah cumi-cumi, udang, kepiting, lobster, daging bebek, daging domba, daging kerbau, daging sapi, mentega, kentang, keju, ubi, tomat, dan terong. Sedangkan minuman yang dihindari minuman bersoda, susu sapi, dan es krim.

3 dari 4 halaman

Diet Golongan Darah B

Meski pemilik golongan darah B cenderung aman mengonsumsi makanan apapun, namun mereka rentan terhadap penyakit jantung dan insomnia. Karena itu, pemilik golongan darah B harus menghindari udang, ayam, gandum, jagung, kacang-kacangan, dan mi.

Pemilik golongan darah B baik untuk mengonsumsi ikan-ikanan, cumi-cumi, telur ikan, daging sapi, daging kalkun, dan daging kelinci. Untuk sayuran yakni brokoli, wortel, telur ayam kampung, dan semua minuman kecuali susu.

4 dari 4 halaman

Diet Golongan Darah O

Gatal-gatal dan alergi adalah penyakit yang rentan dialami oleh para pemilik golongan darah O. Oleh karena itu, pemilik golongan darah O perlu menghindari makanan yang menimbulkan alargi seperti gatal dan bersin.

Makanan dan minuman yang harus dihindari oleh pemilik golongan darah O adalah antaranya kerang, gurita, cumi-cumi, jagung, jamur, kacang tanah, susu, dan kopi.

Mereka disarankan untuk mengonsumsi lobster, tuna, udang, semua jenis daging, rumput laut, kacang polong, terong, kedelai, dan susu kedelai.

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.