Sukses

Akhir Januari 2022, Groundbreaking Tol Cileunyi-Cilacap Dimulai

Groundbreaking Jalan Tol Cileunyi Cilacap yang menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah akan dimulai pada akhir Januari 2022 mendatang.

Liputan6.com, Semarang Groundbreaking Jalan Tol Cileunyi-Cilacap yang menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah akan dimulai pada akhir Januari 2022 mendatang.

"Enam sampai tujuh jalan tol sedang dikerjakan menandai pentingnya Jabar dalam konstelasi nasional. Yang terpanjang adalah minggu depan groundbreaking Tol Cileunyi sampai Cilacap, Jawa Tengah," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Senin (24/2/2022).

Emil, sapaannya, mengungkapkan, saat ini ada tujuh ruas jalan tol di Jabar yang sedang dikerjakan. Mewakili masyarakat, ia menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR atas dukungan infrastruktur darat yang sangat dinantikan ini.

Emil optimistis rampungnya jalan tol lain yaitu Tol Cisumdawu secara bertahap ini akan berdampak pada peningkatan denyut perekonomian. Apalagi tol ini menjadi akses penunjang operasional Bandara Kertajati.

"Atas nama masyarakat saya menyampaikan terima kasih kepada bapak presiden dan menteri PUPR yang begitu luar biasa mendukung infrastruktur darat di Jabar. Dengan begini ekonomi Jabar bisa jadi yang terbaik di masa depan," ucap Emil.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, untuk tahap pertama, Tol Cileunyi-Cilacap dibangun dari Gedebage, Kota Bandung, Garut hingga Tasikmalaya. Konstruksinya dilakukan pada 2022 hingga selesai tahun 2024.

Untuk tahap kedua, pembangunan tol ini dilanjutkan dari ruas Tol Tasikmalaya hingga Cilacap yang dimulai pada 2027 dan diperkirakan akan selesai Tahun 2029.

Tol Cileunyi-Cilacap ini merupakan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang jalan mencapai 206,65 km dengan nilai investasi sebesar Rp56 triliun.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.