Sukses

Praktis, Enak, dan Sehat, Ini 5 Cara Mengolah Oat untuk Sarapan

Liputan6.com, Semarang Dibanding bubur ayam atau kupat tahu, oatmeal memang bukan makanan populer di Indonesia. Tak jarang cara mengolah oat pun kerap membuat bingung.

Gara-gara bingung mengolah oatmeal untuk sarapan, tak jarang akhirnya kamu kembali meninggalkan niat mengubah pola makan sehat. Terlebih bubur ayam, kupat tahu atau gorengan terlihat lebih menarik untuk dijadikan menu sarapan.

Jangan salah, oat juga bisa jadi menu sarapan menarik. Asalkan diolah dengan benar, ditambahkan sedikit garam atau madu sebagai perasa, oat bisa jadi menu sarapan praktis, enak, sekaligus sehat. Yang perlu kamu ingat, jangan salah memilih oat.

Biasanya ada tiga macam oat yang bisa kamu dapatkan di supermarket. Steel cut-oat, rolled oat, dan oat instan. Sebagai pemula, kamu bisa memilih rolled oat atau oat instan. Kedua jenis oat ini hanya membutuhkan waktu singkat untuk mengolahnya.

Atau kamu juga bisa memilih oat dengan campuran kacang-kacangan dan buah-buahan kering atau yang sering dikenal dengan muesli atau granola, muesli panggang yang sudah diberi perasa manis.

Jika sudah menentukan pilihan, kamu bisa mulai belajar mengolah oat untuk sarapan. Berikut adalah 5 cara mengolah oat untuk sarapan yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Overnight Oat

1. Overnight Oat

Cara mengolah oat untuk sarapan yang paling sederhana adalah overnight oat. Untuk membuat menu ini, kamu bisa menggunakan rolled oat dan mencampurnya dengan susu dan yoghurt dalam wadah tertutup. Tambahkan madu, beberapa potong kismis atau choco chip dan simpan di kulkas semalaman.

2. Banana Oat

Cara mengolah oat untuk sarapan selanjutnya adalah campurkan oat dengan potongan pisang. Sebelum mencampurnya, kamu bisa memasak oat hingga mendapat tekstur yang diinginkan.

Untuk menu yang satu ini, kamu bisa menggunakan rolled oat atau oat instan, tergantung selera. Untuk mendapatkan oat yang lebih bertekstur, kamu bisa memilih rolled oat. Sementara untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus seperti bubur, kamu bisa memilih oat instan.

Setelah oat matang dan dingin, kamu bisa menambahkannya dengan susu, madu, dan juga potongan pisang.

3. Oat Shake

Cara mengolah oat untuk sarapan yang lebih praktis adalah membuatnya menjadi minuman kocok atau oat shake.

Tentu saja, menu sarapan yang satu ini lebih cocok menggunakan oat instan. Kamu hanya perlu mencampur dua sendok teh oat bersama segelas susu, sepotong pisang atau sebutir apel, madu dan kayu manis bubuk. Blender semua hingga halus.

3 dari 3 halaman

Oat Shake

4. Avocado Oat

Ini bisa jadi salah satu sarapan mewah yang bisa kamu buat. Selain mewah, caranya juga cukup mudah. Kamu tinggal masak oat sampai kamu mendapatkan tekstur yang kamu inginkan.

Jika sudah matang, biarkan dingin. Tambahkan poached egg dan irisan alpukat. Sebagai penambah rasa, kamu bisa menaburi sedikit garam dan lada.

5. Pancake Oat

Jika ingin menu sarapan yang sedikit berbeda, kamu bisa menggunakan oat instan sebagai pengganti tepung untuk membuat pancake. Campurkan oat, susu, telur, pisang, madu dan sedikit kayu manis. Masak pancake di atas wajan anti lengket.

Menarik kan? Sekarang kamu bisa mulai bereksperimen dengan berbagai menu olahan oat. Selain sehat, oat juga praktis dan tetap bisa dijadikan menu sarapan enak. Selamat mencoba!

Penulis Mega Dwi Anggraeni