Sukses

Berkhasiat untuk Kesehatan Rambut, Ini 8 Cara Menggunakan Kembang Sepatu

Liputan6.com, Semarang - Kembang sepatu atau Hibiscus rosa-sinensis L cukup umum ditemukan halaman-halaman rumah. Siapa yang menduga kalau bunga sepatu memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan rambut.

Bunga sepatu cukup mudah dikenali dari warna merah cerahnya. Bunga yang satu ini sudah lama digunakan dalam perawatan rambut. Beberapa produk komersial bahkan menyertakan bunga ini sebagai salah satu bahan dasarnya. Kandungan herbal alaminya mampu meningkatkan kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh kuat.

Untuk mendapatkan rambut sehat alami, kamu bisa melakukan perawatan sendiri dengan kembang sepatu di rumah. Caranya pun sederhana dan cukup mudah.

Berikut adalah 8 cara menggunakan kembang sepatu untuk rambut dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Rabu(26/1/2022).

Simak Video Pilihan di Jateng

2 dari 3 halaman

Manfaat Kembang Sepatu

1. Manfaat Kembang Sepatu untuk Menguatkan Rambut

Masker rambut ini dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini juga membuat rambut mudah diatur dan ternutrisi.

Caranya, haluskan satu bunga kembang sepatu beserta 3-4 lembar daunnya menjadi pasta. Campur pasta dengan 4 sendok makan yogurt sampai mendapatkan konsistensi yang halus.

Oleskan masker rambut ini ke kulit kepala dan rambut dan biarkan selama sekitar satu jam. Cuci masker dari rambut dengan air hangat dan sampo.

2. Manfaat Kembang Sepatu sebagai Kondisioner

Kembang sepatu mampu melembutkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Sementara asam amino di dalamnya menyehatkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara membuatnya, hancurkan 8 kuntum kembang kembang sepatu dan tambahkan air secukupnya untuk mendapatkan pasta yang halus dan konsisten.

Oleskan pasta ini ke kulit kepala dan rambut dan diamkan selama satu jam. Bilas kembang sepatu dari rambut dengan air hangat.

3. Manfaat Kembang Sepatu untuk Pertumbuhan Rambut

Cuci 8 kuntum kembang sepatu dan 8 lembar daun kembang sepatu lalu haluskan menjadi pasta. Panaskan satu cangkir minyak kelapa dalam panci dan tambahkan pasta kembang sepatu ke dalamnya.

Sisihkan sampai dingin. Setelah minyak mendingin, ambil 2-3 sendok makan untuk digunakan dan simpan sisanya dalam toples atau botol. Pijatkan minyak ke kulit kepala dengan ujung jari. Lakukan sampai ke ujung rambut.

Setelah semua rambut tertutup minyak, pijat kulit kepala selama 10 menit lagi. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan sampo ringan.

Minyak kembang sepatu ini membantu meremajakan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak kelapa meresap jauh ke dalam batang rambut, memberinya nutrisi. Pijat minyak juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan ketebalan rambut.

4. Manfaat Kembang Sepatu untuk Rambut Kering

Perawatan ini memiliki sifat pelembut yang sangat baik, membuatnya sempurna untuk rambut kering. Ini melawan kekeringan, memperbaiki rambut yang rapuh, dan mencegah kerusakan dan rambut bercabang.

Campur 2 sendok makan kelopak kembang sepatu yang sudah dihaluskan, 2 sendok makan santan, 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yogurt, dan 4 sendok makan gel lidah buaya.

Oleskan pasta ke kulit kepala dan rambut dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Manfaat Kembang Sepatu untuk Rambut Rontok

Campur 3 sendok makan jus jahe dan 2 sendok makan kembang sepatu tumbuk. Pijat dalam beberapa bagian, pijat larutan ke kulit kepala dan kemudian kerjakan sampai ke ujung rambut. Setelah semua rambut tertutupi, tunggu selama 20 menit. Cuci rambut dengan air hangat.

Jahe dan kembang sepatu adalah bahan pertumbuhan rambut yang menakjubkan. Ketika dipijat ke kulit kepala, mereka memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan rambut dari folikel yang tidak aktif.

6. Manfaat Kembang Sepatu dan Telur

Perawatan ini diperkaya dengan protein yang bekerja dengan baik untuk mengontrol sifat berminyak dan rambut rontok. Jika kamu memiliki rambut berminyak, masker rambut ini akan membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Campur 2 putih telur dan 3 sendok makan kembang sepatu tumbuk. Oleskan pasta ini ke rambut sampai semuanya tertutupi. Tunggu selama 20 menit dan kemudian bilas dengan sampo ringan.

7. Manfaat Kembang Sepatu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam oleat yang menghambat penyebab rambut rontok. Minyak zaitun bersama kembang sepatu juga membantu melembapkan dan menghaluskan kulit.

Haluskan 5 lembar daun kembang sepatu dan 5 kuntum kembang sepatu hingga membentuk pasta yang halus. Tambahkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalam pasta. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 30 menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat.

8. Manfaat Kembang Sepatu dan Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk bahan perawatan rambut yang populer. Lidah buaya membantu menambah kilau pada rambut sambil mengatasi masalah seperti kerusakan, rambut rontok, dan pecah. Bersama dengan kembang sepatu, perawatan ini mampu meningkatkan kesehatan rambut.

Campur 2 sendok makan pasta kelopak kembang sepatu dengan 1 cangkir gel lidah buaya. Oleskan pasta ini ke rambut dan kulit kepala. Simpan kelebihannya di dalam toples. Biarkan pasta selama 45 menit lalu bilas dengan air hangat.

Penulis Mega Dwi Anggraeni