Sukses

Angkernya Hutan Lamin Pati, dari Istana Kerajaan Alam Gaib sampai Tempat Pembantaian Massal

Liputan6.com, Pati - Kawasan hutan Lamin terletak di Desa Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Pati, Jawa Tengah. Masyarakat setempat percaya kawasan hutan Lamin menyimpan ragam cerita seram nan mistis.

Dikutip dari berbagai sumber, pada hari-hari yang dikeramatkan, ada orang yang datang ke tempat tersebut dengan maksud tertentu. Lengkap membawa dupa dan aneka sajen.

Memasuki kawasan hutan Lamin, terdapat tiga buah pohon jati besar. Masyarakat setempat menamai pohon tersebut Jati Gowok, lantaran terdapat lubang ditengah tiga pohon jati tersebut.

Tepat di bawah pohon jati tersebut, sering dijumpai berbagai macam sajen, seperti dupa, bunga melati, bunga mawar dan cengkir kelapa.

Sementara di sebelah timur pohon jati, terdapat dua nisan terbuat dari batu tua. Di atasnya juga ada bunga tabur. Nisan tersebut menandai sebuah makam seseorang yang dulu menjaga kawasan hutan Lamin.

Masyarakat setempat percaya hutan Lamin Pati merupakan istana kerajaan alam gaib. Banyak masyarakat yang melakukan pemujaan di Jati Gowok dengan tujuan ingin mendapatkan kekayaan.

Tidak jauh dari Jati Gowok, terdapat jembatan kayu kecil yang dinamai Jembatan Genderuwo. Di sebelahnya terbentuk tiga cekungan yang letaknya berdekatan satu sama lain.

Cekungan inilah yang konon merupakan tempat pembantaian massal pada 1965. Tragedi berdarah tersebut menjadi salah satu alasan kawasan hutan ini disebut angker. Ditambah banyaknya kesaksian warga yang melihat makhluk tanpa kepala berkeliaran di hutan Lamin Pati.

(Tifani)

Saksikan video pilihan berikut ini: