Sukses

Yuk, Kenali 6 Makanan yang Mengandung Estrogen dan Manfaatnya

Makanan yang mengandung estrogen rupanya mampu meningkatkan manfaat kesehatan hormon secara alami.

Liputan6.com, Semarang - Makanan yang mengandung estrogen rupanya mampu meningkatkan manfaat kesehatan hormon secara alami. Yuk, kenali estrogen dan makanan-makanan yang mengandung estrogen.

Estrogen adalah hormon yang memainkan berbagai peran dalam tubuh. Salah satunya berkontribusi pada kesehatan tulang.

Bahkan hasil penelitian menemukan estrogen memiliki fungsi utama mengontrol perubahan reproduksi pada wanita, tetapi juga memiliki peran lain dalam tubuh pria dan wanita, termasuk dukungan jantung dan pembuluh darah, kekuatan tulang, perlindungan otak, dan pengaturan suasana hati.

Tingkat estrogen dalam tubuh dapat berubah karena berbagai macam penyebab. Namun menariknya, estrogen bisa ditemukan dalam bentuk makanan, yang biasa disebut fitoestrogen.

Mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung estrogen tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya meringankan beberapa gejala fisik menopause, meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan risiko penyakit jantung, dan mengurangi risiko penyakit kanker.

Berikut adalah enam makanan yang mengandung estrogen dan juga manfaat yang diberikan untuk tubuh, yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anggur Merah

1. Anggur Merah

Seorang peneliti fitoestrogen percaya, kandungan resveratrol pada anggur merah bisa bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengatur kadar kolesterol. Studi lain menemukan bahwa fitoestrogen dalam anggur merah dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker, terutama di kalangan wanita pascamenopause.

2. Bawang putih

Penelitian menunjukkan bawang putih dapat memengaruhi kadar estrogen dalam tubuh, mungkin membantu mengurangi pengeroposan tulang terkait usia. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mempelajari efek ini.

3. Sayuran Cruciferous

Sayuran seperti brokoli, kubis Brussel, dan kangkung mengandung fitoestrogen dengan sifat anti-kanker dan anti-inflamasi. Diet kaya sayuran cruciferous juga dikaitkan dengan rendahnya risiko banyak penyakit kronis, termasuk masalah jantung.

3 dari 3 halaman

Biji Rami

4. Biji rami

Para peneliti percaya kandungan lignan pada biji rami bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker payudara.

Anda bisa menaburkan biji rami di banyak hidangan, memanggangnya menjadi roti dan kue, atau mencampurnya menjadi smoothie dan olesan.

5. Biji wijen

Studi menunjukkan biji wijen memengaruhi tingkat estrogen, dengan aktivitas antioksidan kuat melawan faktor risiko penyakit kronis.

6. Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, kacang tanah, dan pistachio merupakan sumber fitoestrogen. Kandungan ini bermanfaat untuk menyehatkan jantung, dan juga bisa ditambahkan ke dalam menu diet.

Yang perlu diperhatikan adalah, sebagian besar kacang mengandung lemak dan kalori tinggi, jadi sebaiknya batasi porsi makan kacang.

Itulah makanan-makanan dengan kandungan estrogen yang bisa bermanfaat untuk kesehatanmu. 

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.