Sukses

Warna Seragam Baru Satpam Curi Perhatian, Begini Suasana HUT ke-41 Satpam di Jateng

Warna seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan Satpam

Liputan6.com, Cilacap - Akhir-akhir ini rencana perubahan warna seragam satpam atau satuan pengamanan kembali menjadi bahan pembicaraan hangat di tengah masyarakat.

Perubahan seragam Satpam itu dilakukan demi menghilangkan kebingungan di tengah masyarakat, Polri akan mengubah lagi warna seragam satpam, yang awalnya cokelat muda, sama seperti warna polisi, menjadi warna krem. 

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Dia menjelaskan, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan Satpam.

Sementara itu, satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Ramadhan mengatakan, seragam baru satpam rencananya dikenalkan bertepatan dengan HUT Satpam 31 Desember, namun kemudian diundur ke tanggal 2 Februari 2022.

Sementara, sejumlah Polres di Jawa Tengah melakukan upacara peringatan HUT ke-41 Satpam. Dua di antaranya Polres Batang dan Cilacap.

Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel satuan pengamanan dimanapun bertugas, atas dukungan dan partisipasi aktif dalam rangka memelihara keamanan di lingkungannya.

Pada kesempatan itu, Kapolres mengajak anggota satpam agar peringatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang telah ditampilkan.

“Tentunya melalui perbaikan dan penyempurnaan terhadap pelaksanaan tugas, kita berharap peran satpam sebagai mitra polri dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa dapat lebih optimal,” tandas Kapolres AKBP M. Irwan Susanto, dikutip dari keterangan terulis, Senin malam (1/2/2022).

Dalam kegiatan itu, Kapolres mengapresiasi terhadap keberanian Dian Saputro yang telah berhasil membantu menciptakan Kamtibmas di lingkungan kerjanya berhasil menggagalkan pencurian di PLTU beberapa waktu lalu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

HUT Satpam di Cilacap

 Sementara, di Cilacap, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro, S.I.K., M.H. pimpin upacara HUT Satuan Pengamanan (Satpam) yang ke-41 di Lapangan SAR Polres Cilacap, Senin (31/01/2022).

Upacara tersebut dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Cilacap, Kapolsek Jajaran serta anggota Satpam dari berbagai instansi. Upacara HUT Satpam yang Ke-41 ini mengusung tema “Bersama Polri Satpam Siap Menjaga Kamtibmas Dan Penanggulangan Covid-19”.

Dalam amanatnya Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro, S.I.K., M.H. menyampaikan selamat ulang tahun Satuan Pengamanan Ke-41, semoga di usia yang Ke-41 Tahun ini anggota Satuan Pengamanan semakin profesional dalam pengembangan fungsi kepolisian.

“Tumbuhkan kebanggaan dan kehormatan saudara selaku anggota satuan pengamanan, yang memiliki sikap kejujuran dan karakter yang kuat, serta tingkatkan profesionalisme dan mampu memprediksi gangguan yang mungkin muncul di lingkungan kerjanya mampu mencari akar masalah penyebabnya yang pada akhirnya mampu mencari solusinya,” Ucap Kapolres Cilacap, dikutip Senin (31/1/2022).

“Dalam menghadapi pandemi covid 19 anggota satuan pengamanan harus mampu menjadi contoh dan berani bertindak tegas namun humanis saat menegakkan protokol kesehatan covid 19 di lingkungan kerjanya,” imbuhnya.

Dalam kegiatan upacara HUT Satpam Ke-41 Ini, Kapolres Cilacap memberikan reward kepada satpam yang berprestasi dalam perannya menjaga Kamtibmas di lingkungan kerjanya. Dengan diberikannya reward ini semoga dapat menjadi contoh dan tauladan bagi anggota satpam yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.