Sukses

3 Peristiwa Kematian Menjelang Ijab Kabul yang Mirip dengan Penghulu Meninggal Dunia di Malang

Dikutip dari berbagai sumber, peristiwa meninggal dunia sebelum atau saat ijab kabul juga pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Semarang - Viral video penghulu meninggal dunia saat memimpin ijab kabul calon pengantin yang hendak menikah di Malang Jawa Timur. Penghulu meninggal dunia itu bernama Supaat (50), warga Dusun Benel, Desa Baturetno, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang yang merupakan perangkat desa setempat.

Dikutip dari berbagai sumber, peristiwa meninggal dunia sebelum atau saat ijab kabul juga pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

1. Lebak Banten

Peristiwa mirip penguhulu meninggal dunia saat ijab kabul juga pernah terjadi di Kampung Barengkok, Muncang, Lebak Banten pada awal Agustus 2021. Kyai Usep, salah satu tokoh agama di Kampung Barengkok meninggal dunia seusai melafalkan kalimat syahadat menuntun pasangan calon pasangan pengantin yang dinikahkannya sebelum prosesi ijab kabul.

Biasanya, sebelum ijab kabul pasangan calon mempelai laki-laki membaca kalimat syahadat dan berlatih ijab kabul. Tubuh penghulu itu roboh setelah membaca kalimat syahadat pertama. Akhirnya, dinyatakan penghulu meninggal dunia sebelum ijab kabul.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemalang

2. Pemalang Jawa Tengah

Kisah mirip penghulu meninggal dunia jelang ijab kabul di Malang juga pernah terjadi di Pemalang, Jawa Tengah. Namun bukan penghulu, melainkan mempelai pengantin meninggal dunia.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa, 29 September 2020 di Pelutan Pemalang.

Mempelai wanita bernama Siti Finda Yuni Atiqoh (21) pingsan saat akan dirias. Keluarga sempat mengira Finda akan segera siuman. Namun, ternyata calon mempelai wanita itu tak kunjung siuman dan akhirnya dibawa ke rumah sakit. Saat itu lah diketahui, calon mempelai wanita sudah meninggal sebelum ijab kabul.

3. Kupang NTT

Hal serupa juga pernah terjadi di Pariti, Kupang, NTT. Kejadian calon mempelai pengantin wanita meninggal sebelum ijab kabul terjadi pada Sabtu, 31 Juli 2021.

Calon mempelai wanita berinisial NYL yang berprofesi sebagai guru di Adonara Flores Timur jatuh pingsan. Mempelai pengantin meninggal dunia saat dirias.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.