Sukses

Resep Nasi Liwet Pete Khas Solo yang Maknyus Banget di Lidah : Awas Ketagihan dan Bikin Dapur Berantakan

Nasi Liwet Pete asal Solo kok bisa memorak-porandakan dapur ya. Gimana ceritanya nih.

Liputan6.com, Solo - Sobat Liputan6.com pernah ke kota Solo, Jawa Tengah?. Kalo jawabannya iya, pasti dong sudah tak asing lagi dengan menu yang satu ini ; nasi liwet pete. Kalau mengonsumsi sudah biasa, bagaimana jika masak sendiri?

Nasi liwet pete menjadi satu di antara kuliner yang selalu hits di tanah Solo. Beredar idiom, kalau ke daerah yang sekarang dipimpin Gibran Rakabuming Raka ini lalu tak menikmati sajian paket nasi liwet pete, rasanya ada yang kurang.

Nasi gurih dipadukan dengan lauk dan sayur yang sesuai dijamin bikin nambah berkali-kali. Tapi, jika tak sempat mengunjungi Solo, bagaimana dong.

Simpel saja, yuk mari bikin pecah dapur Sobat Liputan6.com. Yoa, kalian bisa membuat sendiri dengan mengacu resep di bawah ini lho. Berikut resep nasi liwet udang pete yang dijamin 'oke tenan'.

 

Wow, Nasi Liwet Jadi Trending

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak Bahannya

Kalian bisa mengumpulkan dan mengolah awal beberapa bahan. Mereka antara lain 500 gram beras, 10 ekor udang kupas, pete, irisan 3 siung bawang merah, bawang goreng, irisan 4 siung bawang putih, 4 cabai merah, 3 cabai rawit, daun salam, lengkuas yang digeprek dan minyak goreng.

Cara membuat ternyata sederhana. Langkah pertama, cuci beras seperti biasa. Setelah itu, panaskan minyak secukupnya, masukkan semua bumbu lalu tumis hingga harum. Masukkan udang, masak hingga matang.

Setelah tuangkan bahan yang sudah ditumis dan bawang goreng serta pete ke dalam beras yang sudah ada di panci rice cooker. Tunggu hingga matang.

Terakhir, setelah matang, aduk nasi sampai rata dan nasi liwet siap disajikan. Eits jangan lupa, kalian bisa mengombinasikannya dengan kudapan lain serta teh manis hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.