Sukses

Tempat Relokasi Pasar Johar di MAJT Kebakaran, Warga Malah Menonton

Duh, malah menjadi tontonan lokasi kebakaran Pasar Johar

Liputan6.com, Semarang - Puluhan kios yang berada di Relokasi Pasar Johar Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Jalan Arteri Soekarno-Hatta (Soetta) Kota Semarang, Jawa Tengah, terjadi kebakaran pada Rabu malam (2/2/2022).

Koordinator keamanan, Yono mengatakan dari sepengetahuan dia api mulai terlihat dari  F4 setelah waktu magrib atau sekitar pukul 18.30 WIB. "Selepas magrib dari F4 terus menjalar cepat ini F1 sampai F9 habis," kata Yono di lokasi, Rabu (2/2/2022).

Seorang pedagang, Amad, menyebut api pertama kali terlihat dibagian depan blok F di relokasi pasar johar tersebut. "Di bagian depan, kiosnya itu isinya gorden dan barang-barang yang mudah terbakar," paparnya.

Ia mengaku kerugian yang dialami akibat dua kiosnya yang dilahap Si Jago Merah mencapai ratusan juta rupiah. Saat ini dirinya bingung dan tak tahu apa yang akan dilakukannya mengingat mata pencahariannya hilang.

"Kalau cuma kios saya itu sampe ratusan juta. Saya bingung ini mana ada tanggungan lain, cuma ini satu--satunya saya cari duit jualan gerabah," kata Amad.

 

Video Kebakaran Pasar Johar Sebelumnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar Pranowo ke Lokasi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, langsung memantau secara langsung keadaan kebakaran. Ganjar menegaskan, proses pemadaman berjalan lancar.

Untuk proses pemadam sendiri, tim damkar Kota Semarang mendapat bantuan dari beberapa wilayah sekitar, seperti Kudus, Demak, dan Kabupaten Semarang. Pihak kepolisian juga menurunkan mobil water cannon milik brimob Polrestabes Semarang.

 

3 dari 3 halaman

Malah jadi Tontonan Warga

Ironisnya, di tengah kebakaran hebat tersebut, lokasi malah menjadi tontonan warga. Dikutip dari Twitter @jisatu, akibat warga yang banyak menonton kebakaran, membuat mobil pemadam kebakaran kesulitan masuk ke lokasi kebakaran.

Mobil pemadam kebakaran terus berusaha ke lokasi di tengah warga yang menonton. Petugas pemadam kebakaran berupaya keras memadamkan kobaran api di area lokasi Pasar Johar Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.