Sukses

SNMPTN 2022 Unsoed, Yuk Lihat Ragam Jenis Prodi Saintek dan Daya Tampung : Biar Gak Salah Pilih Lho

Unsoed termasuk satu di antara universitas di Jawa Tengah yang menjadi tujuan utama para calon mahasiswa baru.

Liputan6.com, Banyumas - Bagi kalian siswa dan siswi kelas 12 sekolah lanjutan atas, kesibukan kalian pasti sedang bertambah ya. Hal itu terkait dibukanya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Seluruh siswa bisa mengambil sesuai kehendak masing-masing, terutama bagi mereka yang yakin dengan nilai rapor dan prestasi sebagai portofolio. Namun, tak mudah lho memilih, apakah hanya satu atau dua sasaran.

Tentu, pilihan yang mengarah ke satu program studi berbeda dengan yang mengincar dua prodi. Terlepas dari itu, masing-masing individu pasti sudah mengukur seberapa besar kesempatan serta peminatan terhadap tujuan.

Nah, sebelum mengarah ke sana, sepertinya sangat penting mengetahui peta persaingan serta ketersedian prodi di masing-masing universitas. Satu di antara yang menjadi buruan, terutama di sekitar Jawa Tengah, adalah Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Perguruan tinggi negeri ini terletak di kawasan Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Selain itu, secara persebaran kampus, saat ini Unsoed memiliki beberapa lokasi, baik yang masih di seputaran Purwokerto, maupun lintas daerah seperti di Kabupaten Purbalingga.

 

Video Unsoed

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Salah Pilih

Bagi yang ingin mendaftar via SNMPTN di Unsoed, jangan salah pilih ya. Sebagai gambaran, persaingan di Unsoed tergolong ketat. Catatan statistik tahun lalu misalnya, prodi jenis sains dan teknologi (saintek) yang paling banyak peminatnya adalah Keperawatan, dengan jumlah pendaftar tes 1.428, sedangkan daya tampung tahun ini sebanyak 36 orang.

Pada urutan kedua 'terlaris' adalah prodi Farmasi, dengan jumlah peminat tahun lalu sebanyak 1.227. Periode tahun ini, Prodi Farmasi hanya menerima 36 mahasiswa baru.

Prodi favorit lainnya di segmen saintek adalah Pendidikan Dokter, yakni menembus angka 1.116, dengan kuota tahun sebanyak 39 mahasiswa baru. Di luar tiga prodi tersebut, masih ada prod saintek yang tergolong banyak peminat, seperti Informatika, Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi.

 

3 dari 3 halaman

Lihat Secara Seksama

Pada periode SNMPTN 2022, beberapa prodi dalam saintek di Unsoed memiliki angka daya tampung sendiri. Bagi kalian yang ingin tahu seberapa banyak kuota tersebut, yuk simak di bawah ini :

BIOLOGI : 66

KIMIA : 36

MATEMATIKA : 36

FISIKA : 36

MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN : 36

AKUAKULTUR : 36

TEKNIK PERTANIAN : 30

TEKNIK ELEKTRO : 36

TEKNIK SIPIL : 36

PENDIDIKAN DOKTER : 39

KESEHATAN MASYARAKAT : 36

KEPERAWATAN : 36

FARMASI : 36

TEKNIK GEOLOGI : 30

ILMU KELAUTAN : 36

AGROTEKNOLOGI : 90

AGRIBISNIS : 36

TEKNOLOGI PANGAN : 36

PETERNAKAN : 68

INFORMATIKA : 36

KEDOKTERAN GIGI : 15

ILMU GIZI : 36

PENDIDIKAN JASMANI : 36

TEKNIK INDUSTRI : 30

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.