Sukses

Ragam Festival Unik yang Hanya Bisa Disaksikan Jika Berkunjung Ke Solo!

Liputan6.com, Jateng Surakarta atau Solo menjadi salah satu kota yang menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Selain menawarkan beragam kuliner khas yang lezat dan objek wisata yang menarik, tempat yang juga mendapatkan julukan sebagai Kota Budaya ini juga memiliki beberapa festival unik. 

Berbagai festival tersebut tentu hanya bisa disaksikan jika sobat Liputan6 berkunjung ke Solo. Penasaran apa saja? Berikut beberapa rekomendasinya yang dilansir melalui laman Surakarta.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Solo Batik Carnival

Solo Batik Carnival atau Karnaval Batik Solo adalah sebuah acara yang diadakan setiap tahun oleh pemerintah Kota Surakarta. Dalam pertunjukan tersebut akan mempertontonkan beragam busana batik dengan tema yang unik. Setiap tahunnya acara yang digelar di sepanjang jalan arteri di Kota Solo, Jalan Slamet Riyadi ini selalu memiliki tema tertentu yang dirancang oleh para desainer kreatif.

3 dari 4 halaman

Kirab 1 Suro

Kirab malam 1 Suro adalah sebuah ritual tahunan yang selalu dilakukan Keraton Kasunanan Surakarta ketika pergantian tahun baru hijriah. Tradisi ini juga dikenal dengan Kirab Pusaka dimana  terdapat proses  iring-iringan raja, beserta keturunannya, juga abdi dalem dan pembesar keraton yang mengiringi kirab sambil membawa pusaka. Selain itu ciri khas ritual ini adalah adanya kerbau bule yang dianggap sebagai binatang keramat dan hewan kesayangan Raja Paku Buwono II. Tradisi kirab ini memiliki makna tentang sebuah ucapan syukur serta harapan untuk hal yang lebih baik dalam rangka mengawali tahun.

4 dari 4 halaman

Festival Jenang Solo

Baru saja beberapa waktu lalu, bertepatan dengan HUT Kota Solo (17/2/2022)  terdapat sebuah tradisi Jenang Solo. Acara kuliner yang selalu ada saat merayakan hari jadi Kota Solo ini akan menyuguhkan beragam jenis jenang,  mulai dari jenang grendul, jenang mutiara, jenang ketan hitam, jenang ngangrang, jenang sumsum, dan banyak lainnya. Acara ini juga sebagai wujud syukur sekaligus pelestarian makanan tradisional khas Jawa Tengah. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS