Sukses

Terbaru Hesti Purwadinata Alami Kejadian Mistis, Berikut Deretan Mitos Gunung Lawu

Beragam mitos di Gunung Lawu.

Liputan6.com, Semarang - Gunung Lawu memang menjadi salah satu tempat yang memiliki pemandangan yang indah. Namun di balik keindahan tersebut, ternyata gunung yang terletak di antara perbatasan dua provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menyimpan segudang misteri.

Bahkan salah satu presenter ternama Tanah Air Hesti Purwadinata turut membagikan kisah mistisnya saat mendaki Gunung Lawu. Hal tersebut ia ungkapkan melalui kanal YouTube miliknya. Hesti mengaku bahwa ia sempat mendengar suara gamelan hingga musik dangdut di malam hari.

Lantas apa saja mitos-mitos yang tentang Gunung Lawu? Berikut informasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sebagai Pusat Kegiatan Spiritual di Jawa

Gunung Lawu memiliki tiga puncak yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan puncak tertinggi bernama Hargo Dumilah. Ternyata di setiap puncaknya adalah tempat yang sakral. Konon Gunung Lawu juga dianggap sebagai pusat kegiatan spiritual di tanah Jawa.

3 dari 5 halaman

Pasar Setan

Mungkin sudah banyak yang mendengar mengenai mitos Pasar Setan yang berada di Gunung Lawu. Sering kali para pendaki yang berkunjung ke Lawu merasakan hal mistis ini, yakni suasana ramai layaknya sedang berada di pasar. Akan tetapi hal tersebut hanyalah sebuah suara tanpa ada wujud.

4 dari 5 halaman

Jalak Lawu

Beberapa kisah mengatakan bahwa di Gunung Lawu terdapat burung Jalak Lawu. Burung ini akan datang di setiap ada pendaki yang tersesat, seolah-olah menunjukkan arah. Berdasarkan mitos yang beredar, burung Jalak Lawu adalah jelmaan dari prajurit yang pernah mengantarkan Prabu Brawijaya ke puncak Gunung Lawu.

5 dari 5 halaman

Dilarang Berbicara Sembarang

Hampir semua pendaki yang mencoba menaklukkan Gunung Lawu percaya akan hal ini. Beberapa hal yang dilarang saat mendaki Gunung Lawu di antaranya berkata kasar, merusak alam hingga berbuat tidak senonoh. Hal ini dikarenakan Gunung Lawu dianggap sebagai tempat sakral. Jika melanggar hal tersebut konon akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya diikuti oleh sosok yang tak kasat mata. 

Nah berikut tadi beberapa mitos yang ada di Gunung Lawu? Apakah Sobat Liputan6 pernah mengalami kejadian tersebut? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.