Sukses

Bermakna Religius, Arti Kata 'Hompimpa Alaium Gambreng' dalam Permainan Anak- Anak

Ternyata kalimat hompimpa memiliki simbol ketuhanan.

Liputan6.com, Semarang - Bagi masyarakat Indonesia yang lahir dan besar di era 90-an, tentu tidak asing dengan ritual hompimpa yang dilakukan setiap akan memulai permainan anak-anak.

Kata “hompimpa alaium gambreng” digunakan oleh anak-anak sebelum bermain untuk menentukan giliran. Beberapa permainan yang menggunakan hompimpa biasanya terdiri dari lebih dari 2 orang, misalnya petak umpet, petak jongkok, dan banyak lagi. 

Meskipun dulu sering kali menjadi ritual wajib, ternyata tak banyak yang tahu makna dari kata hompimpa alaium gambreng. Dihimpun dari berbagai sumber oleh tim Liputan6 ternyata berikut makna yang terkandung dalam kata hompimpa alaium gambreng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari Bahasa Sansekerta

Hompimpa alaium gambreng diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti positif yakni "Dari Tuhan kembali ke Tuhan, ayo bermain". Selain sebagai simbol ketuhanan, Hompimpa ini juga memiliki nilai tentang musyawarah dalam permainan anak-anak. 

Untuk masyarakat Betawi kalimat hompimpa diucapkan secara lebih panjang yakni “hompimpa alaium gambreng, Mpok Ipah pakai baju rombeng".  

Meskipun sangat sulit menelusuri bagaimana kalimat ini bisa dijadikan sebagai permulaan dalam permainan anak-anak khususnya permainan tradisional, banyak yang percaya bahwa hompimpa adalah sebuah cara dari nenek moyang kita untuk mendekatkan anak-anak kepada yang maha kuasa. 

Kini seiring perkembangan zaman, mungkin penggunaan hompimpa sudah sangat jarang ditemui dalam permainan anak-anak. Terlebih lagi sebagian generasi muda sudah disibukkan dengan beragam permainan ponsel ataupun game online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini