Sukses

Perbedaan Purging dan Breakout yang Menimbulkan Jerawat pada Wajah

Cara membedakan purging dan breakout pada wajah

Liputan6.com, Semarang Kata purging ataupun breakout mungkin sudah tidak asing lagi dalam dunia kecantikan. Namun karena efek yang ditimbulkan hampir sama terkadang masih banyak orang yang masih susah membedakan antara kondisi kulit yang sedang mengalami purging atau breakout.

Sulit membedakan kedua hal ini tentu akan berdampak pada perawatan yang salah dan dapat menyebabkan masalah kulit. Yuk simak informasi perbedaan antara purging dan breakout sebagai berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Purging

Purging merupakan reaksi kulit wajah yang sedang menyesuaikan diri atau mengalami pembersihan karena penggunaan skincare. Purging biasanya terjadi dikarenakan bahan aktif dari produk skincare khususnya eksfoliator misalnya, asam alfa-hidroksi, asam beta-hidroksi, dan retinoid. 

Purging biasanya menimbulkan jerawat pada daerah yang sering bermasalah, hal tersebut disebabkan oleh sisa kotoran pada area yang biasa timbul jerawat. Sehingga ketika kulit meregenerasi dan melakukan pengelupasan kulit biasanya akan muncul jerawat pada wajah.  Namun purging tak perlu dikhawatirkan, karena setelah proses ini wajah akan tampak lebih sehat dan cerah. 

3 dari 3 halaman

Breakout

Sementara breakout adalah sebuah reaksi yang muncul karena ketidakcocokan terhadap suatu zat atau kandungan dari skincare. Jerawat yang muncul akibat breakout biasanya berwarna kemerahan disertai dengan iritasi. Cara menandai jerawat breakout adalah jika jerawat tersebut muncul pada area yang sebelumnya sama sekali belum pernah muncul jerawat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini