Sukses

4 Tips Penting untuk Antisipasi Tindak Pelecehan Seksual

Liputan6.com, Semarang - Hingga saat ini kasus pelecehan seksual masih sering terjadi di Indonesia. Korban yang mengalami pelecehan seksual pun tak terbatas gender maupun usia.

Terkadang para pelaku pelecehan seksual menjalankan aksinya disertai tindakan ancaman, paksaan, kekerasan fisik ataupun dengan melakukan iming-iming. Hal tersebut sering kali membuat korban bingung tindakan apa yang seharusnya dilakukan untuk mencegah pelecehan seksual terjadi.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi tindak pelecehan seksual:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Membekali Diri dengan Pendidikan Seksual

Pelaku pelecehan seksual terkadang berdalih untuk meyakinkan korban bahwa perbuatan yang ia lakukan adalah hal wajar. Beberapa korban terjebak dengan pernyataan pelaku karena minimnya pengetahuan tentang seks. Pendidikan terkait seks adalah sesuatu yang penting, setidaknya coba kenali bagian privasi tubuh dan juga memahami bahwa segala bentuk aktivitas seksual harus ada persetujuan masing-masing pihak. 

3 dari 5 halaman

Berani Menolak

Melanjutkan paparan sebelumnya, bahwa segala sesuatu dalam berhubungan diperlukan persetujuan. Maka beranikan diri jika pasangan ataupun seseorang mencoba mengajak untuk melakukan sesuatu yang tidak diinginkan. Cobalah memberi respons menolak dengan tegas baik secara verbal ataupun dengan bahasa tubuh. Tunjukkan jika kamu tidak nyaman dengan tindakan pelaku. 

4 dari 5 halaman

Mengatasi Intimidasi

Sering kali  pelaku pelecehan seksual melancarkan aksinya dengan bertindak lebih jauh, ketika seseorang melakukan penolakan. Beberapa di antaranya mengintimidasi dengan cara marah, memberikan ancaman hingga kekerasan. Untuk mengatasi ini harus ada sikap yang berani dan tegas, jika pada momen tersebut memungkinkan untuk meminta bantuan maka lakukanlah. Lakukan penanganan dengan meminta tolong pada orang sekitar atau menelepon nomor bantuan dengan segera.

5 dari 5 halaman

Hindari Tempat yang Berpotensi Terjadi Pelecehan Seksual

Terakhir adalah mencoba menghindari tempat-tempat yang memungkinkan pelecehan seksual terjadi. Lakukan penolakan terhadap ajakan ke sebuah tempat yang riskan. Jika diharuskan bepergian seorang diri, hindari tempat-tempat yang rawan dengan tindak kejahatan. Jika saja menemui seseorang yang menguntit, segeralah mencari lokasi keramaian, menelepon bantuan atau kunjungi pos polisi atau pihak keamanan terdekat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.