Sukses

Dahsyat Nih, Si Anak Cilacap Catat Rekor Jadi Jawara All England 2022 : Warga Jateng Ikut Bangga

Pebulutangkis asal Cilacap, Bagas Maulana berhasil menjadi jawara ganda putra All England 2022.

Liputan6.com, Semarang - Final ganda putra All England yang memertemukan dua pasangan Indonesia sudah berakhir. Hasilnya, kejutan muncul saat Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana sukses menundukkan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dua gim langsung, yakni 21-19 dan 21-13.

Keberhasilan Fikri/Bagas menundukkan unggulan ke-2 tersebut membuat mereka mencatat rekor luar biasa. Maklum, pasangan muda ini maju ke All England 2022 dengan status non-unggulan.

Artinya, pada setiap ronde, Bakri/Bagas berhasil menyingkirkan para unggulan. Kejayaan pasangan ini juga memunculkan kebanggaan pada diri warga Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Hal itu terjadi karena sang juara All England 2022, Bagas Maulana berasal dari Cilacap. Yup, Bagas lahir daerah pesisir pantai selatan Jawa Tengah tersebut pada 20 Juli 1998.

Sepak terjang Bagas mulai mendapat atensi sejak junior. Tak heran jika selain direkrut PB Djarum, ia juga mendapat kesempatan menghuni pelatnas. Bersama pasangannya, Muhammad Shohibul Fikri, sosok Bagas berkelana dari satu turnamen ke turnamen, baik di level Asia sampai Super 1000.

Perjalanan Si Anak Cilacap menjadi jawara All England 2022 tak mudah. Pada setiap putaran, mereka harus berhadapan dengan pasangan yang notabene memiliki peringkat dunia lebih bagus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejutan Demi Kejutan

Namun, kejutan demi kejutan berhasil mereka buat. Walhasil, mereka menjadi jawara, sekaligus menyamai performa sang juara All England 2016, Ivanoc/Sozonov, yang berjaya di Inggris dari status non-unggulan.

Sinyal Bakri, nickname pasangan Bagas/Fikri, moncer di All England sudah terlihat sejak awal. Pada putaran perempat final, mereka berhasil menyingkirkan unggulan ke-3 asal Jepang, Hoki/Kobayahsi dengan rubber game, yakni 16-21, 21-16 dan 22-20.

Setelah itu, pada babak semifinal, ganda senior mereka digasak. Bakri membuat Kevin/Marcus pulang lebih awal setelah menang 22-20, 13-21 dan 21-16. Kejayaan di All England 2022 mendapat sambutan luar biasa dari Badminton Lovers di Indonesia.

Akun @achapratiwii berharap pasangan Bakri bisa konsisten dan lebih ganas. "Dunia sekarang melihat kalian, otomatis beban kalian semakin banyak lagi. Jangan mendengarkan omongan orang lain tentang kalian, intinya fokus ke turnamen lain," komentarnya.

Ada juga Nico Thomas, yang memiliki akun @th_nico, menyatakan kebanggaan luar biasa dengan penampilan Bakri. "Turun perdana di All England 2022 dan langsung juara. Bakri benar-benar mengejutkan, sekaligus mendeklarasikan bahwa telah lahir ganda putra Indonesia yang baru untuk siap bersinar," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.