Sukses

4 Tips Pola Makan saat Ramadhan Agar Kuat Puasa dan Tetap Bugar

Liputan6.com, Semarang Di awal menjalankan ibadah puasa terkadang tubuh perlu menyesuaikan dengan kondisi tanpa makan dan minum. Sehingga wajar jika tubuh terasa lemas dan letih. 

Namun dengan menjaga pola makan sehat dan seimbang, dapat membantu tubuh agar kuat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Yuk simak tips pola makan berikut agar kuat menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Agar menghindari dehidrasi saat puasa, pastikan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup. Saat puasa sobat Liputan.6 dapat menggunakan pola 2-4-2 yakni, 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam (setelah sholat tarawih), dan 2 gelas saat sahur.

3 dari 5 halaman

2. Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Berikutnya menghindari konsumsi gula berlebihan, disarankan agar tidak mengonsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak. Beberapa contoh karbohidrat sederhana yakni nasi, roti, pastry, dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan konsumsi karbohidrat secara berlebihan akan menyebabkan produksi insulin meningkat sehingga tubuh menginginkan lebih banyak gula. Agar kebutuhan gula dalam tubuh tetap stabil sobat Liputan.6 dapat mencoba mengkonsumsi protein dan lemak sehat. 

4 dari 5 halaman

3. Konsumsi Protein Saat Berbuka

Jika sobat Liputan.6 rutin berolahraga meskipun berpuasa, pastikan agar menyantap hidangan protein selain karbohidrat saat berbuka. Makanan berprotein akan membantu menjaga kekebalan sekaligus memperbaiki jaringan tubuh.

5 dari 5 halaman

4. Memperbanyak Konsumsi Serat

Perbanyak konsumsi serat adalah solusi agar tubuh tak cepat merasa lapar ketika berpuasa. Makanan berserat seperti sayur akan membuat perut lebih tahan lapar tanpa memproduksi insulin sehingga tubuh tidak menginginkan konsumsi karbohidrat berlebihan.

Nah berikut tadi beberapa tips pola makan yang bisa diterapkan saat ramadhan, semoga ibadahmu lancar!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.