Sukses

Pemprov Jateng hingga Jasa Raharja Gelar Mudik Gratis, Ini Cara Daftarnya

Akhirnya boleh mudik, nih...

Liputan6.com, Semarang- Mudik lebaran 2022 bakal terasa berbeda. Sebab ini untuk pertama kalinya pemerintah mengizinkan masyarakat mudik lebaran setelah dua tahun tidak diberikan izin pulang kampung.

Nah, sebagai cara memberikan kemudahan bagi warga untuk mudik, sejumlah instansi, termasuk pemerintah provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengadakan fasilitas mudik gratis.

Seperti apa syarat dan pendaftarannya? Cek di bawah ini:

 

 

 

Kemenhub Lepas 2.500 Peserta Mudik Gratis di Lapangan Silang Monas (Liputan 6 Siang)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mudik gratis Pemprov Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, akhirnya mengadakan mudik gratis pada tahun ini.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak para bupati/wali kota untuk memperhatikan warga perantauan yang akan mudik. Ganjar mengaku banyak menerima permintaan mudik gratis kembali dilakukan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah usai memimpin Rapat Umum Pemegang Saham PT Jamkrida Jateng dan BPR BKK Jateng di Ruang Rapat Kantor Pemprov Jateng, Senin (11/4).

Ganjar menyampaikan perihal pelaksanaan mudik bersama. Setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19, Ganjar mengatakan tahun ini pihaknya telah menyiapkan kegiatan mudik gratis dengan APBD yang terbatas.

“Ada yang menyampaikan kepada saya ‘Pak Gubernur ada mudik gratis nggak’, pemprov menyiapkan tapi hanya sedikit sekali busnya,” katanya.

Maka di kesempatan RUPS, dia mengingatkan kepala daerah agar menyiapkan dan menggandeng pihak-pihak terkait. Sehingga harapannya, kerinduan berkumpul keluarga setelah dua tahun bisa terobati.

“Yuk sodara-sodara kita yang mau mudik kita antarkan mereka ke tempat masing-masing yuk. Kita bantu mereka yuk, sehingga mereka akan bisa kembali selamat nyaman,” ujarnya.

Ia menyebut, mudik gratis tak hanya akan membangun suasana spiritualitas dan mempererat hubungan relasi keluarga di suasana lebaran saja. Di sisi lain, ekonominya akan bergerak.

3 dari 4 halaman

Jasa Raharja

PT Jasa Rajarja juga menggelar mudik Lebaran 2022 gratis bagi masyarakat umum, dengan kuota 10.500 orang ke sejumlah daerah. Bagi masyarakat yang berminat mendaftar, pendaftaran sudah dibuka sejak 9 April dan ditutup pada 15 April 2022.

Jadwal keberangkatan mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja akan dilaksanakan pada 27 April-1 Mei 2022.

Proses pendaftaran mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja dilakukan secara online melalui laman mudik.jasaraharja.co.id dan aplikasi mobile JRku khusus untuk moda kereta api.

Pendaftar harus memenuhi beberapa syarat mudik Lebaran gratis 2022 berikut:

  • Memiliki sepeda motor dan SIM C-Satu orang pendaftar dapat mengajak maksimal 4 orang dewasa (di atas 3 tahun)
  • Pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga dan dibuktikan dengan Kartu Keluarga atau Surat Nikah atau Akta Lahir Surat Nikah atau Akta Lahir
  • Peserta hanya diizinkan mendaftar satu kali

Dokumen-dokumen syarat mudik Lebaran gratis 2022 Jasa Raharja

  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja yang sudah menerima vaksinasi dosis ketiga atau booster, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen saat berangkat.
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua harus menunjukkan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam atau tes antigen dalam kurun waktu 1x24 jam.
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Jasa Raharja yang baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib menyertakan hasil negatif PCR yang diambil dalam waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
4 dari 4 halaman

Kementerian Perhubungan RI

Kementerian Perhubungan (Kemenub) juga menyediakan layanan mudik Lebaran 2022 gratis bagi masyarakat umum, dengan kuota 10.500 pemudik.

Masyarakat yang berminat mendaftar mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub, pendaftaran dibuka pada 10-24 April 2022 melalui laman mudikgratishubdat.dephub.go.id.

Adapun syarat yang harus dipenuhi apabila ingin mendaftar mudik gratis Kemenhub 2022:

  • Wajib mempunyai dokumen kependudukan, seperti KTP dan KK
  • Sudah menerima vaksin booster
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua harus menunjukkan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam atau tes antigen dalam kurun waktu 1x24 jam
  • Bagi pemudik yang baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib menyertakan hasil negatif PCR yang diambil dalam waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang belum menerima vaksin, harus menyertakan hasil negatif tes PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan dan surat keterangan tidak bisa menerima vaksin dari rumah sakit pemerintah
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang membawa anak wajib menyertakan KK
  • Seluruh peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub wajib mengunduh PeduliLindungi
  • Peserta mudik Lebaran gratis 2022 di Kemenhub yang tidak memiliki hp, wajib membawa bukti fisik kartu vaksin

Jadwal keberangkatan mudik gratis ini akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 28-29 April 2022.

Pada 28 April 2022, layanan mudik gratis 2022 akan berangkat dari Terminal tipe A di Bogor, Depok, dan Tangerang.

Sementara keberangkatan layanan mudik gratis pada 29 April 2022 dari Terminal tipe A di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.