Sukses

Prediksi Cuaca Jateng Rabu 13 April 2022: Pagi Mayoritas Cerah Berawan

Seluruh daerah di Jateng tak berpotensi hujan pada 13 April 2022 pagi.

Liputan6.com, Semarang - Sebagian Jawa Tengah (Jateng) pada Rabu (13/4/2022) diprediksi akan cerah berawan di banyak wilayah. Namun hujan juga akan turun di beberapa daerah di waktu tertentu, meski telah memasuki bulan zona kemarau bulan April.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyatakan sebagian wilayah Indonesia, termasuk sebagian Jawa, memasuki musim kemarau pada April 2022. Dwikorita merinci, wilayah tersebut antara lain sebagian Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa. Penjelasan itu disampaikan dalam konferensi pers daring pada Jumat, 18 Maret 2022 lalu, dikutip dari Antara.

Menurut informasi BMKG, cuaca Jateng pagi ini diperkirakan cerah berawan di sebagian besar wilayahnya. Di siang hari, masyarakat di beberapa daerah diimbau bersiap akan datangnya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Begitu pula di malam hari, diprediksi lebih banyak area dilanda hujan.

Seluruh daerah di Jateng tak berpotensi hujan pada 13 April 2022 pagi. Beberapa daerah bahkan diprediksi bercuaca sangat cerah yakni Batang, Blora, Boyolali, Cilacap, Demak, Jepara, Kajen, Karanganyar, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Mungkid, Pati, Pekalongan, Purwodadi, Purworejo, Rembang, Salatiga, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Temanggung, Ungaran, Wonosobo. Selain daerah di atas, cuacanya berawan namun tak terlalu cerah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuaca Siang Hari

Memasuki siang hari, cuaca cerah berawan berlanjut di beberapa daerah. Yakni Batang, Brebes, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Slawi, Tegal.

Namun akan ada hujan dengan intensitas ringan dan sedang di beberapa daerah. Masyarakat Wonosobo harap bersiap akan datangnya hujan sedang. Sedangkan Demak, Jepara, Magelang, Mungkid, Salatiga, Temanggung,  diprediksi bakal diguyur hujan ringan.

Sisanya, cuaca berawan alias tak dilanda hujan. Yakni Banjarnegara, Blora, Boyolali, Cilacap, Kajen, Karanganyar, Kebumen, Klaten, Kudus, Pati, Purbalingga, Purwodadi, Purwokerto, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Ungaran, Wonogiri,. Ada beberapa daerah berawan lebih tebal dari daerah lainnya yakni Karanganyar dan Purworejo.

 

3 dari 3 halaman

Cuaca Malam Hari

Sedangkan malam hari masyarakat diimbau bersiap akan datangnya hujan dengan intensitas ringan. Menurut prediksi BMKG, beberapa daerah di Jateng akan mengalami hujan pada 13 April 2022 malam.

Masyarakat di sebagian Jateng yang perlu bersiap karena bakal diguyur hujan, baik intensitas ringan maupun sedang.  Antara lain Boyolali, Brebes, Demak, Kajen, Magelang, Mungkid, Pemalang, Purwodadi, Purworejo, Salatiga, Semarang, Slawi, Sragen, Tegal, Ungaran, Wonosobo.

Sisanya diprediksi berawan ringan maupun tebal. Yakni Banjarnegara, Batang, Blora, Cilacap, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Pati, Pekalongan, Purbalingga, Purwokerto, Rembang, Sukoharjo, Surakarta, Temanggung, Wonogiri.

Memasuki dini hari, hampir seluruh Jateng diprediksi berawan. Turun hujan ringan hanya di Cilacap, Purbalingga, Purwokerto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini