Sukses

Jelang Periode Mudik Lebaran 2022, Begini Kondisi Jalan Tol di Indonesia : Ada Lajur Darurat Juga Lho

Musim mudik Lebaran 2022 tinggal beberapa hari lagi. PUPR akan mengusahakan kondisi jalan tol yang nyaman dan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Jawa Tengah (Jateng) yang ingin melakukan mudik Lebaran 2022 melalui jalur darat wajib memerhatikan perkembangan yang ada. Hal itu berkaitan dengan penggunaan serta operasionalisasi jalan tol, terutama Trans Jawa.

Melalui rilis, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan jalan tol di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memastikan, pihaknya sudah melakukan beragam persiapan menuju mudik Lebaran 2022. Ia mengaku sudah mengumpulkan semua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) agar semua komponen persiapan bisa berjalan maksimal.

Sekadar informasi, panjang jalan tol yang operasional di Indonesia adalah 2.500 km. Rinciannya, 66 ruas jalan tol yang tersebar di Pulau Sumatera sepanjang 691 km, Pulau Jawa (1.640,4 km), Pulau Bali (10,1 km), Pulau Kalimantan (97,3 km), dan Pulau Sulawesi (61,5 km)

Pihak PUPR berjanji, selama periode mudik Lebaran 2022, tidak ada jalan tol yang berlubang. Basuki mengungkapkan, khusus jalan tol di Pulau Jawa, operasional sepanjang 1.640 km dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 96 TIP (53 TIP A, 35 TIP B, dan 8 TIP C).

"Saat ini tengah dilakukan Pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B (KM 67 – KM 50) sebagai antisipasi ruas fungsional terbatas untuk arus balik khususnya kendaraan kecil. Ini dilakukan BUJT Jasa Marga, seluruhnya kami selesaikan bisa fungsional H-10," kata Basuki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zona Darurat

Selain itu, PUPR juga menyiapkan lajur dalam situasi darurat ruas jalan tol Jakarta – Cikampek II Selatan (SS Sadang KM 62 – SS Kutanegara KM 53) sepanjang 8,6 km. Nantinya, alur ini akan menyambung ke Jalan Industri 15 km dan masuk kembali ke jalan tol Jakarta – Cikampek Gate Karawang Timur KM 54. "Untuk memperlancar arus mudik Lebaran, juga dilaksanakan duplikasi Jembatan Ciujung KM 57 Jalan Tol Tangerang – Merak," ungkap Basuki.

Kementerian PUPR memerhatikan layanan pengguna jalan tol di rest area dengan meningkatkan berbagai fasilitas. Fokus tersebut antara lain area komersial untuk UMKM, toilet bersih, prasarana yang ramah disabilitas, fasilitas ibadah dan penataan taman.

"Kami minta kepada para BUJT menyiapkan toilet sementara sebanyak-banyaknya, karena mengingat ada sekitar 3,8 juta pemudik yang akan melalui jalan tol," sebut Basuki. Jalan tol Trans Sumatera memiliki layanan sepanjang 691 km dengan pendukung sebanyak 25 rest area.

Sementara itu, di Pulau Kalimantan terdapat jalan tol Balikpapan – Samarinda sepanjang 99 km. Di Pulau Sulawesi ada jalan tol operasional sepanjang 61,5 km, yang terdiri dari Tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1 – 3 sepanjang 10,1 km, Tol Makassar Seksi 4 (11,6 km) dan Tol Manado –Bitung sepanjang (39,8 km).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.