Sukses

4 Tips Mudik Bawa Bayi dengan Mobil Pribadi, Pastikan Keamanannya!

Buat kalian yang ingin mudik membawa bayi, pastikan keamanan bayi ya

Liputan6.com, Semarang Sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari Idul Fitri. Salah satu tradisi masyarakat di Indonesia adalah mudik saat lebaran.

Sempat dilarang karena pandemi Covid-19, kini masyarakat diperbolehkan mudik dengan syarat vaksin booster dosis ketiga. Nah, tentu saja makin nggak sabar buat pulang ketemu keluarga ya.

Berikut ini tips mudik buat kamu yang bawa bayi dengan transportasi mobil pribadi. Yuk, cek!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pastikan Car Seat Terpasang dengan Aman

Meski tidak umum dipakai di Indonesia, tapi carseat sangat penting digunakan untuk perjalanan jauh membawa bayi. Car seat akan menghindarkan anak dari benturan keras misalnya terjadi kecelakaan.

Nah, karena fungsinya ini car seat harus terpasang dengan benar. Perhatikan petunjuk pemasangannya dan pastikan aman untuk bayi ya.

3 dari 5 halaman

2. Ada yang Menemani Bayi di Kursi Belakang

Meski bayi aman saat di car seta, bukan berarti bayi boleh ditinggal sendirian ya. Dia bisa saja merasa bosan atau takut. Tentu saja perlu ditemani oleh orangtua atau pengasuh bayi.

4 dari 5 halaman

3. Persiapkan Makan Bayi

Jika bayi masih di bawah usia 1 tahun, disarankan untuk menggunakan makanan instan karena lebih higienis dan simpel. Sementara juka di atas satu tahun bisa disesuaikan dengan menu yang dimakan orangtuanya.

Untuk kudapan juga bisa menyesuaikan dengan kudapan orang tua. Bisa juga ditambah dengan snack yang aman untuk bayi. 

5 dari 5 halaman

4. Siapkan Peralatan Bayi dan Taruh di Tempat yang Mudah Dijangkau

Pastikan peralatan bayi lengkap dan terbawa. Seperti diapers, handuk, ganti baju, dan yang lain. Letakkan peralatan di tempat yang mudah dijangkau selama perjalanan.

Itu dia beberapa tips buat sobat Liputan 6 yang mudik membawa bayi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini