Sukses

Mengenal Motif Batik Sidomulyo dalam Pernikahan Adik Jokowi

Liputan6.com, Solo - Salah satu yang menarik perhatian dari pernikahan  adik Jokowi Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman  adalah kain batik motif sidomulyo yang dikenakan. Keseluruhan prosesi pernikahan menggunakan adat Jawa,  termasuk pakaian yang dinekanan kedua mempelai.

Dalam tradisi Jawa, suatu motif batik tidak boleh sembarangan dikenakan. Selalu ada aturan pemakaian batik tertentu untuk upacara-upacara adat.

Salah satu batik yang diatur pemakaiannya adalah batik sidomulyo. Dikutip dari berbagai sumber, batik sido merupakan batik yang dipercaya melambangkan sebuah doa maupun harapan.

Nama motif batik ini berasal dari kata sida dan mulya. Kata sida merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti jadi atau menjadi. Sedangkan mulya merupakan kata dalam bahasa Jawa yang artinya mulia atau makmur.

Batik sidomulyo dirancang untuk membawa kemuliaan atau kemakmuran bagi pemakainya. Kata Sidamulya telanjur populer ditulis dalam ejaan sidomulyo yang populer sebelum wewaton atau Paugeran Sriwedari pada tahun 1926.

Berdasarkan penelusuran sejarah, motif batik ini termasuk batik kuno Surakarta yang sudah ada sejak era Mataram Kartasura. Batik ini merupakan jenis batik keraton.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Motif Khas Surakarta

Motif penyusun batik sidomulyo merupakan motif khas Surakarta yang halus, rumit, dan butuh ketelatenan dalam membuatnya. Hampir sama dengan batik sido lainnya, motif batik ini berbentuk wajik atau belah ketupat.

Batik sidomulyo memiliki pola dasar geometris yang membentuk bidang persegi. Di dalam setiap bidang diisi dengan motif seperti pohon hayat, kupu-kupu, bangunan, dan garuda.

Selain itu, batik ini juga diberi motif lung-lungan atau tumbuhan berjalar dan cecek atau titik-titik. Motif ini merupakan motif isen yang digunakan untuk mengisi ruang kosong yang menghubungkan antar motif penyusun utama.

Hal pembeda batik sidomulyo dengan motif batik sido lainya adalah dalam penggunaan warna latar yang lebih terang dibanding batik sido lainnya. Batik motif ini biasanya menggunakan latar warna putih atau krem.

Batik sidomulyo biasanya digunakan oleh pasangan pengantin dalam upacara pernikahan. Dipercaya, apabila pengantin menggunakan batik ini maka akan mendapat kebahagiaan.

Pemakai batik motif ini akan mendapat kemakmuran dalam kehidupan rumah tangganya. Konon, meskipun nantinya terdapat sebuah hambatan dalam kehidupan rumah tangganya, maka hambatan tersebut tetap akan dilewati.

Asalkan kedua mempelai tetap berdoa dan berusaha serta sabar dan tekun sehingga hambatan itu nantinya dapat terlewati dan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.