Sukses

5 Makanan Pengganti Nasi yang Tak Kalah Bernutrisi, Cocok Buat yang Lagi Diet

Liputan6.com, Semarang - Masyarakat Indonesia umumnya menjadikan nasi sebagai makanan pokok utama. Ada perumpamaan populer, yaitu kalau belum makan nasi berarti belum makan.

Nasi diakui memiliki banyak nutrisi. Kandungan nasi juga cukup baik untuk kesehatan seperti ada serat, protein, magnesium, dan zinc.

Namun di sisi lain, nasi bisa menyumbang peningkatan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes disarankan untuk membatasi nasi. 

Selain meningkatkan kadar glukosa darah, nasi juga bisa menimbulkan penumpukan lemak. Makanya banyak orang yang diet membatasi nasi sebagai makanan pokok. Mereka akhirnya memilih makanan pengganti nasi yang tak kalah kaya akan nutrisi untuk tubuh.

Mengutip berbagai sumber, ada beragam makanan pengganti nasi yang dapat dipilih. Berikut daftar makanan pengganti nasi beserta penjelasannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 4 halaman

1. Kentang

Kentang salah satu makanan pengganti nasi yang tak kalah nutrisinya. Nutrisi seperti vitamin B6, C, kalium, protein, omega-3, omega-6, dan zat bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi kentang.

Kentang sangat cocok untuk dimakan untuk orang-orang yang suka diet. Pati resisten pada kentang bisa menurunkan berat badan.

2. Jagung

Jika tidak suka kentang, kamu bisa memilih jagung sebagai makanan pengganti nasi. Dalam jagung terdapat nutrisi yang tidak kalah penting bagi tubuh, di antaranya vitamin B1, B3, B5, dan B9. 

Selain itu, jagung juga kaya akan serat kandungan serat, magnesium, fosfor, dan vitamin C. Jadi, buat kamu yang makan jagung jangan berkecil hati. Sebab, makanan satu banyak manfaatnya jika dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

3. Kembang Kol

Makanan pengganti nasi berikutnya adalah kembang kol. Ini sering dimakan oleh artis papan atas lho, salah satunya Dewi Sandra.

Kandungan kembang kol rendah kalori dan karbo. Sangat cocok untuk yang sedang diet menggantikan nasi dengan makanan ini. Dimakan saat malam hari pun tidak masalah.

4. Singkong

Sudah tak heran lagi dengan singkong yang dapat menggantikan makanan nasi. Ya, singkong termasuk tanaman umbi yang banyak nutrisi. Dalam singkong ada serat, protein, vitamin B, vitamin C, magnesium, selenium, dan zat besi.

Kamu bisa mengolah singkong dengan berbagai aneka makanan, seperti kukus singkong, goreng singkong, getuk, dan lain sebagainya.

4 dari 4 halaman

5. Ubi

Tanaman umbi lain yang bisa menggantikan nasi adalah ubi. Ubi memiliki beragam nutrisi penting dalam tubuh. Selain banyak serat, ubi juga kaya akan beta-karoten, vitamin A, vitamin B6, dan kalium.

Ubi dapat diolah dengan berbagai aneka makanan. Ubi bisa dikukus, digoreng, direbus, atau bahkan dicampur dengan makanan lain yang tak kalah enaknya.