Sukses

Update Pencarian Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Tim SAR Kesulitan karena Ini

Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) hingga Sabtu (28/5/2022) masih dalam proses pencarian. Pencarian Eril yang hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss ini sudah dilakukan sejak Kamis (28/5/2022). Namun, hasilnya hingga kini masih nihil.

Liputan6.com, Semarang - Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) hingga Sabtu (28/5/2022) masih dalam proses pencarian.

Pencarian Eril yang hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss ini sudah dilakukan sejak Kamis (28/5/2022). Namun, hasilnya hingga kini masih nihil.

Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad menerangkan bahwa pada Jumat (27/5/2022) tim SAR mengerahkan sebanyak 20 personel untuk mencari Eril. Tim pencarian terdiri dari unsur polisi dan unsur medis.

“Hari ini, Sabtu tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril. Metode pencarian ini lebih intensif yaitu dengan perahu juga menggunakan drone untuk menyisir tepian sungai Aare dan melakukan penyelaman.

“Tentu saja penyelaman terutama disesuaikan dengan situasi. Sebab airnya keruh karena bekas hujan misalnya atau bekas salju, karena danau dan Sungai Aare ini airnya adalah datang dari salju yang meleleh, sehingga relatif tinggi suhunya,” katanya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (28/5/2022).

“Biasanya salju meleleh ada kristal-kristal putih yang kadang membuat warna air keruh sehingga menyulitkan penyelaman,” sambungnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala dalam Pencarian

Muliaman mengungkapkan kendala yang dialami dalam proses pencarian putra sulung Ridwan Kamil. Mulai dari derasnya arus air hingga kekeruhan air Sungai Aare.

“Oleh karena itu, kendala-kendala alam ini tentu saja menjadi ciri khas kendala bagi para petugas SAR,” ungkap dia.

Muliaman menyebut tidak ada kendala spesifik di luar itu. Kendalanya sangat alami. Meski demikian, ia berharap dalam satu atau dua hari ke depan situasinya cerah sehingga mempermudah upaya pencarian.

“Kemarin kami juga diinformasikan oleh pihak SAR bahwa hari Sabtu dan Minggu ini probabilitanya juga lebih tinggi karena biasanya hari libur Sabtu dan Minggu hampir semua orang terjun ke sungai, sehingga kemudian petugas SAR itu dibantu oleh kehadiran orang-orang ke sungai,” tuturnya. 

Dia berharap dengan meningkatnya jumlah pengunjung ke Sungai Aare pada akhir pekan laporan pencarian Eril tidak hanya didapatkan dari pihak kepolisian, tapi juga didapatkan dari masyarakat yang berkunjung sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.