Sukses

5 Fakta di Balik Pembuatan Film Srimulat: Hil Yang Mustahal

Liputan6.com, Semarang - Film Srimulat: Hil yang Mustahal menjadi salah satu film yang tengah menjadi perbincangan. Film yang mengadaptasi kisah dari kelompok lawak legendaris Srimulat, berhasil membuat haru sekaligus gelak tawa penikmat film di Indonesia.

Tak sedikit pula, penonton muda yang penasaran dengan kelompok lawak legendaris asal Solo, Jawa Tengah ini. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet fakta proses pembuatan film Srimulat: Hil yang Mustahal.

1. Film Biopik Pertama Srimulat

Film Srimulat: Hil yang Mustahal menampilkan kisah perjalanan panjang kelompok lawak Srimulat yang telah melahirkan ratusan pelawak dari berbagai daerah di Indonesia. Film akan berfokus pada kisah Srimulat pada 1980-an saat karier Srimulat mulai menanjak, sehingga menjadi grup pertama yang tampil di televisi nasional Indonesia.

Srimulat: Hil yang Mustahal menjadi film biopik pertama grup Srimulat sejak berdiri tujuh dekade silam. Para karakter yang berperan di dalamnya akan mendramatisasikan kehidupan beberapa anggota Srimulat berdasarkan sejarah yang terdiri dari Pak Teguh, Bu Djudjuk, Asmuni, Timbul, Gepeng, Nunung, Basuki, Tarzan, Paul dan Tessy.

Sebelumnya, pada 2013, telah dirilis film berjudul Finding Srimulat. Meski menggunakan nama besar Srimulat, film itu tidak secara spesifik membahas biografi Srimulat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 4 halaman

Menggelandang

2. Pemeran Gepeng Rela Menggelandang di Solo, Jawa Tengah

Bio One, pemeran sosok Gepeng bahkan rela pergi ke Kota Solo, Jawa Tengah untuk mendalami perannya. Bahkan Bio One menjadi seorang gelandangan, tidur di hotel melati, dan menurunkan berat badannya secara drastis.

Momen yang mengharukan terjadi ketika sederet pemain film Srimulat: Hil yang Mustahal tersebut nonton bareng di salah satu bioskop di Kota Solo. Di sana, Bio One bertemu dengan istri mendiang Gepeng Srimulat.

Istri mendiang Gepeng yang bernama Ibu Supiah itu terlihat terharu melihat sosok Bio One yang perawakannya mirip dengan mendiang suaminya. Ibu Supiah juga terlihat beberapa kali memegangi dan menepuk pelan wajah Bio One. Sambil mengusap matanya, haru.

 

3 dari 4 halaman

Diusir

3. Diusir Pemeran Asli

Erick Estrada yang memainkan peran sebagai Tessy dalam film ini juga mengalami kejadian menarik. Ia bahkan diusir oleh Tessy saat sedang melakukan riset dan observasi peran yang dibawakannya itu.

Kejadian ini terjadi dihari ketiga Erick menginap di rumah Tessy. Lantaran sosok Tessy bingung dengan cara observasi dan riset yang dilakukan sang pemain.

 

4 dari 4 halaman

Riset 4 Tahun

4. Riset Film Selama 4 Tahun

Fajar Nugros selaku sutradara mengaku harus melakukan riset mendalam untuk menggarap film Srimulat: Hil yang Mustahal. Riset yang dilakukan selama hampir empat tahun itu dia lakukan mulai dari membaca artikel, tulisan ilmiah, hingga wawancara langsung dengan anggota Srimulat dan keluarganya.

Hal itu dilakukan Fajar Nugros agar bisa menghidupkan karakter pemainnya senatural mungkin.

5. Rukman Rosadi Sebagai Penata Akting

Para pemain film Srimulat: Hil yang Mustahal ditata langsung oleh aktor sekaligus dosen teater Rukman Rosadi. Ada tantangan tersendiri bagi Rukman Rosadi melatih para pemain film Srimulat: Hil yang Mustahal.

Seluruh aktor film tersebut adalah orang yang lahir dan besar di Jakarta, sehingga Rukman harus membuat para pemain bisa berperan sebagai orang-orang Jawa yang meyakinkan dalam film.