Sukses

Lapor Pak, Minyak Goreng Mendadak Raib di Kudus

Sejumlah pedagang di pasar tradisional Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami kesulitan mendapatkan pasokan minyak goreng curah

Liputan6.com, Kudus - Sejumlah pedagang di pasar tradisional Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami kesulitan mendapatkan pasokan minyak goreng curah, padahal permintaan masyarakat masih cukup tinggi karena harganya lebih murah dibandingkan kemasan.

"Saya sudah mencari minyak goreng curah ke sejumlah tempat pada Sabtu (28/5/2022), namun para penyalur memasang tulisan minyak goreng habis," kata Aslihah, salah satu pedagang sembilan bahan bahan pokok (sembako) di Pasar Bitingan Kudus, Jawa Tengah, Senin.

Padahal, kata dia, minyak goreng curah masih sangat dibutuhkan masyarakat, terutama yang memiliki usaha warung makan maupun penjual gorengan karena harganya hanya Rp17.000 per kilogramnya sehingga lebih murah dibandingkan minyak kemasan yang mencapai Rp22.000 per liter.

Ia mengakui setiap hari bisa menjual 70 kg minyak goreng curah karena pelanggannya didominasi pemilik warung makan.

Jika harus beralih membeli minyak goreng, kata dia, pelanggannya tidak berani karena biaya produksinya semakin membengkak, belum lagi sejumlah harga kebutuhan masyarakat juga mulai naik, seperti bawang merah, cabai, telur hingga mie.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasokan Minyak Goreng Curah

Beruntung dirinya masih bisa mendapatkan 30 kg minyak goreng curah hasil membujuk temannya, meskipun dibeli dengan harga Rp16.000/kg atau lebih tinggi dari harga jual eceran tertinggi (HET) sebesar Rp14.000/liter atau Rp15.500/kg.

Tutik, pedagang sembako lainnya juga mengakui hal yang sama kesulitan mendapatkan minyak goreng curah.

"Saya sendiri juga membutuhkan untuk usaha jualan bawang goreng karena jika menggunakan minyak goreng kemasan, harga jual bawang gorengnya kalah bersaing dengan lainnya," ujarnya.

Untuk penyebab, dia mengaku, tidak mengetahui karena pemerintah juga sudah mengizinkan kembali ekspor minyak sawit mentah dan bahan baku minyak goreng.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Imam Prayitno membenarkan di pasaran memang tidak ada stok minyak goreng curah, akibat terdampak banjir di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Kami sudah mengecek distribusi minyak goreng curah untuk Kudus. Karena antreannya di Semarang cukup panjang, diperkirakan Selasa (31/5/2022) sudah tersedia di pasaran dengan jumlah sekitar 27 ton," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.