Sukses

Sederet Kuliner Favorit Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, Cek Lokasinya

Berikut sederet kuliner favorit Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kerap mengabadikan kesibukannya melalui akun Youtube miliknya. Tak jarang Ganjar membagikan momen-momen saat dirinya berburu kuliner.

Gubernur yang dikenal ramah ini kerap mencicipi kuliner di Batang hingga Pekalongan. Dikutip dari bergai sumber, berikut sederet kuliner favorit Ganjar Pranowo.

1. Nasi Goreng Babat

Nasi goreng babat Pak Karmin berada di kawasan Mberok, Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Nasi goreng babat pilihan Ganjar ini berbeda dari sego goreng pada umumnya, yakni diolah dengan babat gongso yang lezat.

Nasi goreng babat ini menjadi salah satu ikon kuliner legendaris, sebab sudah berjualan sejak tahun 1971. Nasi goreng babat dengan paduan telur dadarnya memang sudah dikenal enak.

Tak heran jika kuliner ini menjadi salah satu pilihan wisata kuliner Ganjar Pranowo. Satu porsi nasi goreng babat gongso disini dibanderol mulai dari Rp 30.000.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sup Senerek

2. Sup Senerek

Sup senerek merupakan salah satu kuliner khas Kota Magelang, Jawa Tengah. Sup senerek berisi kacang merah, bayam, wortel, seledri, daun bawang.

Sup senerek juga dilengkapi irisan daging sapi atau ayam serta jeroan yang membuat lebih nikmat. Salah satu warung makan sup senerek legendaris pilihan Pak Ganjar berada di kawasan terminal Kota Magelang yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, yakni sup senerek Pak Parto.

Biasanya Ganjar akan memesan satu porsi sup kacang merah yangditambah sambal dan tempe goreng. Harga satu porsi sup senerek dibanderol mulai dari Rp 14.000 saja.

3. Satai Kambing

Satai kambing Bu Tomo menjadi salah satu kuliner pilihan Gubernur Jawa Tengah selanjutnya. Satai kambing disini meenggunakan daging kambing muda yang memilikitekstur lebih empuk.

Satai kambing di sini dipadu bersama dengan cocolan sambal kecap yang sudah dicampur dengan irisan bawang. Selain itu ada juga sup buntut yang enak dipadu dengan satai kambing.

Lokasinya ada di Jalan Mayjen Sutoyo, Slawi, Tegal. Harga satai kambing muda ala Bu Tomo ini dibanderol mulai dari Rp 28.000 per porsi.

 

3 dari 3 halaman

Sauto

4. Warung Sauto

Soto tauco Slawi atau yang akrab disebut sebagai sauto oleh masyarakat asli Tegal, Jawa Tengah. Sauto berisi campuran tauco dan sambal, dipadukan dengan nasi hangat, tauge dan suwiran daging ayam.

Uniknya lagi sajian kuliner ini biasa dinikmati dengan kremesan renyah yang terbuat dari tulang ayam goreng. Soto tauco khas Slawi ini cocok disantap hangat-hangat pada malam hari.

Salah satu warung kuliner tauco pilihan Ganjar adalah warung sauto sedap malam yang berlokasi di Jalan Raya Talang No. 320, Tegal. Seporsi sauto disini dibanderol dengan harga Rp 18.000.

5. Iga Bakar

Ganjar Pranowo merekomendasikan untuk mencicip sajian iga bakar enak saat singgal di Boyolali.  Igar bakar Pak Wid yang lokasinya di Jalan Merapi No. 1, pojok kiri bundaran patung kuda, Boyolali.

Selain iga bakar, menunya juga ada iga rebus, iga goreng, iga gongso serta sambal iga penyet. Semuanya enak dinikmati dengan nasi hangat.

Aneka olahan iga di warung makan ini dibanderol dengan harga yang beragam, yakni mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per porsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.