Sukses

Begini Jadinya Jika Jazz Berkolaborasi dengan Museum Magelang

Halaman depan Museum BPK RI Kota Magelang disulap menjadi tempat pertunjukan musik jazz.

Liputan6.com, Magelang - Semangat berkarya tak patah arang sekalipun masih dalam masa pandemi Covid-19. Musisi jazz Kota Pahlawan yang tergabung dalam Surabaya Pahlawan Jazz dan Museum BPK RI di Kota Magelang sudah membuktikannya.

Halaman depan Museum BPK RI Kota Magelang disulap menjadi tempat pertunjukan musik jazz. Penataannya terbilang atraktif, mobil van dengan berbagai alat musik dan di sebelahnya terdapat panggung kecil untuk penyanyi dan pemain musik.

Menurut Ketua Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ) Indah Kurnia, kegiatan ini untuk menjaga semangat para musisi yang sempat tidak beraktivitas saat pandemi Covid-19. Solusinya, dengan berkeliling menikmati kehidupan lewat mobil karavan musik.

“Sengaja kami siapkan untuk outdoor, pas untuk situasi sekarang,” ujarnya, Senin (30/5/2022) malam.

Ia menilai, selama ini para musisi tidak mendapat jaminan sosial dan termasuk kategori penghasilan rendah, sehingga ia merasa perlu berbuat sesuatu supaya komunitasnya bisa bertahan dan eksis.

Anggota Komisi XI DPR RI ini juga sengaja memilih museum sebagai lokasi pertunjukan karena merupakan tempat bersejarah yang masyarakat luas harus mengetahui perannya.

"Ini kan tempat bersejarah bukan buatan, natural. Jadi, harus dibuat menghibur salah satunya dengan kolaborasi seperti ini juga," tuturnya.

Kunjungan SPJ ke Magelang ini adalah tur yang kedua setelah tur pertama dilakukan pada saat bulan puasa kemarin. Selain Kota Magelang  ada beberapa daerah yang akan dikunjungi juga, seperti, Balai Kota Solo (31 Mei 2022) dan Desa Nglanggeran, Gunungkidul , Yogyakarta (1 Juni 2022).

"Ada sebanyak 12 musisi jazz yang kami boyong dari Surabaya. Nantinya, juga akan berkolaborasi dengan musisi-musisi lokal," kata Indah Kurnia.

Sementara, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Museum BPK RI Selvia Vivi Devianti mengundang SPJ untuk berkolaborasi sekaligus memperkenalkan museum kepada masyarakat yang lebih luas.

Wali Kota Magelang  Muchamad Nur Aziz juga menyambut hangat pertunjukan musik jazz di wilayahnya. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa rutin, tidak hanya untuk komunitas jazz, melainkan juga komunitas lainnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.