Sukses

Instruksi Tegas Ganjar Perihal Virus Cacar Monyet

Ganjar mengaku sudah menginstruksikan jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Jateng untuk terus memantau perkembangan virus cacar monyet di Jateng

Liputan6.com, Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau masyarakat menerapkan pola hidup sehat sebagai upaya mengantisipasi merebaknya penyakit cacar monyet.

"Kemarin sudah ada indikasi-indikasi berdasarkan laporan dari dinas kesehatan, sekarang lagi dilakukan pendalaman, termasuk tracing-nya sehingga kita mesti hati-hati betul karena itu virus, maka hidup bersih sehat mesti dijaga," kata Ganjar, saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jepara, Selasa.

Ganjar menjelaskan bahwa pola hidup sehat itu meliputi asupan gizi yang cukup, kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, kemudian memakai masker ketika sedang sakit.

Menurut Ganjar, semua itu harus dilakukan dengan kesadaran masing-masing untuk saling menjaga kesehatan masing-masing.

"Mesti punya kesadaran, kita sudah belajar dari pandemi, maka betul-betul harus sadar, kalau demam di tubuhnya segera periksa karena itu indikasi-indikasi awal yang mesti dibereskan," ujarnya.

Ganjar mengaku sudah menginstruksikan jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Jateng untuk terus memantau perkembangan virus cacar monyet, meskipun belum ditemukan adanya indikasi bahwa penyakit itu sudah masuk ke wilayahnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kewaspadaan Wabah Cacar Monyet

"Sekarang lagi kami pantau terus. Untuk yang satu ini kami belajar dari pandemi COVID-19 lalu," kata mantan anggota DPR RI itu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini telah merilis 257 kasus terkonfirmasi cacar monyet dari 20 negara berbeda.

Kasus paling banyak ditemukan di Inggris Raya, sedangkan di Indonesia sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus terkonfirmasi cacar monyet, tapi sejumlah negara tetangga diketahui sudah ada kasus tersebut.

Meskipun belum ditemukan kasus di Indonesia, Kementerian Kesehatan RI sudah mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet di negara nonendemik.

Ada beberapa gejala yang patut diwaspadai masyarakat, antara lain sakit kepala, demam akut di atas 38,5 derajat Celsius, limfadenopati atau pembesaran kelenjar getah bening, nyeri otot, sakit punggung dan asthenia atau kelemahan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.