Sukses

Si Cantik Jembatan Jiwan di Madiun Bikin Warga Gentar Berkomentar

Jembatan Jiwan ini memiliki kisah mistis yang populer yaitu kisah si cantik Sadikem.

Liputan6.com, Madiun - Jembatan Jiwan merupakan sebuah jembatan yang berada di jalan raya Magetan, berbatasan dengan daerah Magetan dan Madiun. Jembatan Jiwan ini memiliki kisah mistis yang populer yaitu kisah si cantik Sadikem.

Di setiap ujung jembatan ini dihiasi dengan sepasang tempat duduk yang tinggi, Penduduk di sekitarnya menyebut buk ireng (tempat duduk tinggi yang terbuat dari bata). Di buk ireng itulah hantu Sadikem sering menampakkan diri dan berwujud wanita cantik.

Dikutip dari bebagai sumber, sosok hantu Sadikem kerapkali duduk melambai-lambaikan tangannya kepada pengemudi kendaraan yang lewat di Jembatan Jiwan. Bahkan sering juga mendatangi rumah penduduk sekitarnya dan menyapa pada orang-orang yang kebetulan lewat.

Ada beberapa cerita yang beredar mengenai asal usul sosok Sadikem ini. Salah satunya cerita Sadikem mati penasaran sehingga arwahnya gentayangan, ada pula yang mengatakan dahulunya Sadikem diperkosa lalu dibuang ke sungai.

Namun cerita yang paling melegenda mengenai sosok Sadikem ini meninggal secara tak wajar karena melanggar tradisi. Menurut masyarakat sekitar Sadikem mati terkena sawan kemanten anyar.

Rupanya Sadikem adalah seorang wanita cantik yang berasal dari Desa Malang, Maospati. Kemudian sang bunga desa menikah dengan pria idamannya.

Belum genap seminggu pernikahannya, Sadikem pergi ke sungai Bakung untuk mencuci pakaiannya. Dalam tradisi Jawa, pengantin baru dilarang keluar rumah sebelum genap tujuh hari.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melanggar Aturan

Namun Sadikem melanggar tradisi adat tersebut, akhirnya menyebabkan Sadikem hilang ditelan Sungai Bakung. Karena peristiwa itulah arwah Sadikem sering gentayangan di sekitar jembatan Jiwan.

Sosoknya kerap kali menghadang para lelaki yang lewat di tempat itu karena dikira suaminya. Kasus tabrakan bus pun kerap terjadi di sekitar tempat ini beberapa tahun silam di dekat jembatan ini menjadi fenomena teror hantu Sadikem.

Tidak ada satupun yang selamat dalam tragedi tersebut. Bahkan banyak penduduk sekitar yang enggan dan takut berkomentar tentang fenomena hantu cantik ini.

Bentuk teror Sadikem itu sendiri bermacam-macam, Kadang kala menjelang malam seperti terdengar suara-suara yang aneh di sekitar desa. Ada beberapa warga mengaku seperti didatangi hantu Sadikem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.