Sukses

Tak Lazim, Warung Nasi Kuning Legendaris di Wonogiri Jateng Hanya Buka Sebulan 6 Kali

Warung nasi kuning yang unik dan legendaris ini adalah warung makan sego kuning Mbok Sriwi.

Liputan6.com, Wonogiri - Kuliner tradisional sego kuning alias nasi kuning di Dusun Seratan, Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, Jawa Tengah memiliki ciri khas yang unik.  Warung nasi kuning yang unik dan legendaris ini adalah warung makan sego kuning Mbok Sriwi.

Warung Mbok Sriwi ini dikelola secara turun-temurun dan sudah berdiri sejak tahun 1965.

Uniknya, nasi kuning di tempat ini dikepal dan bukan berwarna kuning seperti pada umumnya.

Ciri khas sego kuning khas Giriwoyo ini bukan nasinya yang berwarna kuning, melainkan kuah sayurnya yang berwarna kuning. Sego kuning ini disajikan dengan aneka lauk seperti sayur kuning, krengseng, gudangan, dan gorengan.

Dikutip dari berbagai sumber, bahan baku sayur kuning ini ialah pepaya muda. Pepaya muda dimasak dengan bumbu kuning dari kunyit alias kunir.

Pembuatan sego kuning ini pun masih dibuat dengan peralatan tradisional. Nasinya masih dikukus dengan dandang dan kukusan bambu, serta dimasak dengan tungku berbahan kayu bakar.

Selain itu, sego kuning ini disajikan dengan daun jati. Aroma daun jati ini pun memberikan cita rasa yang khas.

Sego kuning ini bisa disantap dengan berbagai lauk seperti ayam kampung, telur, tahu, tempe dan sambal bawang. Semua lauk itu dimasak seperti sayur kuning.

Untuk menikmati nasi kuning ini, pengunjung harus menunggu saat malam pasaran Kliwon saja. Dalam sebulan warung ini hanya buka sekitar enam kali.

Lokasi Warung Sego Kuning Mbok Sriwi ini berada di pinggir jalan raya. Warungnya berada di tengah perkampungan sekitar 250 meter dari Jalan Raya Giriwoyo-Giritontro. Seporsi nasi kuning ini, dibanderol mulai dari Rp 8.000 saja.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.