Sukses

6 Momen Pilu Selama Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Nomor Terakhir Bikin Nangis

Sudah sepekan lebih upaya pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dilakukan. Putra sulung Atalia Praratya itu belum juga ditemukan setelah hilang di sungai Aare, Bern, Swiss saat berenang.

Liputan6.com, Semarang - Sudah sepekan lebih upaya pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) dilakukan. Putra sulung Atalia Praratya itu belum juga ditemukan setelah hilang di sungai Aare, Bern, Swiss saat berenang.

Selama pencarian Eril ada banyak momen memilukan yang bikin warganet meneteskan air matanya. Momen-momen itu dibagikan kembali oleh warganet lainnya di media sosial dan menjadi trending satu.

Mulai dari pesan menyentuh Atalia, pesan dari kekasihnya Nabila Ishma Nurhabibah, saat Ridwan Kamil melantunkan azan di tepi sungai Aare, hingga perjalanan pulangnya keluarga Eril ke Tanah Air.

1. Pesan Mengharukan dari Ibunda Eril

Ibunda Eril, Atalia Praratya membagikan pesan mengharukan lewat akun Instagram pribadinya. Isi pesan itu membuat warganet merinding.

Ril… mamah pulang dulu ke Indonesia, ya,” tulisnya.

Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, di mana pun kamu berada,” tambahnya.

Atalia juga menuliskan jika saat ini Eril tidak akan kedinginan, kelaparan, dan kekuarangan apapun. Lebih dari itu Eril akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia, dan kebahagiaan yang tak pernah putus.

Di sini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat. Seperti yang pak walikota sampaikan, ‘The city of Bern will forever be deeply connected to us’. Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas,” tutupnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Eril Selalu Jadi Rumah Nabila

Pesan mengharukan tidak hanya datang dari ibunda Eril. Kekasihnya, Nabila Ishma Nurhabibah juga turut menuliskan pesan menyentuh melalui Instagram. 

Pegang tanganku erat-erat dan mari kita selesaikan ini bersama-sama. Tolong tetap tinggal Ril, aku tahu kamu sangat kuat. Jangan takut pada apapun, aku di sini untuk membimbing kamu sampai kita dapat segera bertemu lagi. Aku sangat merindukanmu, seperti yang selalu kulakukan,” tulis Nabila.

Nabila menilai sosok Eril adalah laki-laki yang baik. Ia berharap kekasihnya itu dapat ditemukan dalam keadaan sehat. 

Kamu akan selalu menjadi rumahku, jadi tolong cepat kembali Ril,” tulis Nabila di unggahan berikutnya.

3 dari 5 halaman

3. Ketika Sang Ayah Kumandangkan Azan di Tepi Sungai Aare

Momen pilu lainnya adalah ketika Ridwan Kamil selaku ayah Eril mengumandangkan azan di tepi sungai Aare. Lantunan azan itu membuat warganet menangis. 

Kenapa tidak, dalam video yang beredar seorang ayah harus berpisah dengan anaknya yang hilang di sungai. Warganet melihat kuatnya ketegaran dan ketabahan sang ayah bertopi bundar itu.

4. Orangtua Eril Susuri Sungai Aare

Ridwan Kamil dengan topi bundar khasnya turun langsung menyusuri sungai Aare untuk mencari Eril. Kang Emil, demikian sapaan akrabnya, rela pakaiannya basah demi mencari anaknya yang terseret arus sungai.

Momen ini juga dibagikan oleh Atalia Praratya di story Instagram pribadinya.

Ini yang dilakukan ayahmu setiap hari, Ril,” tulis Atalia dengan memperlihatkan Ridwan Kamil yang sedang menyusuri sungai Aare.

4 dari 5 halaman

5. Ridwan Kamil Salat Gaib di Tepi Sungai Aare

Ridwan Kamil mengikhlaskan kepergian anaknya yang hilang di sungai Aare. Kini status Eril bukan lagi orang hilang, melainkan orang tenggelam yang diyakini sudah meninggal. Meski demikian, pencarian Eril terus dilanjutkan.

Sebelum pulang ke Tanah Air, Ridwan Kamil sempat melaksanakan salat gaib di tepi sungai Aare. Momen tersebut dibagikan Kang Emil di akun media sosialnya disertai puisi menyentuh sang ayah.

Wahai Sungai Aare, sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah kukumandangkan adzan terbaikku di tepi batasmu. Bahagiakan dia dalam keindahanmu. Selimuti dia dalam kehangatanmu. Lindungi dia dalam kemegahanmu. Sucikan dia dalam kejernihanmu. Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu. Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik dan pelindung sejatinya, Allah SWT. Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare,” tulisnya.

5 dari 5 halaman

6. Ridwan Kamil Jalan Tertunduk di Bandara

Keluarga Eril dengan berat hati pulang ke Indonesia. Saat di bandara Hamad International Airport, Ridwan Kamil jalan menunduk sambil membawa koper di belakangnya. 

Tidak lama kemudian, video yang diunggah Instagram @infojawabarat itu memperlihatkan sosok ibunda Eril dan adiknya. 

Berat banget pasti langkah kaki dan hatinya. Ya Allah kuatkan mereka, semoga selalu diberikan ketabahan dan keikhlasan,” tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.